More

    Mahasiswa UI 2 Minggu Bersama Suku Anak Dalam

    Ahmad Fauzan Sazli

    JAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 27 mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia (UI) melakukan penelitian di Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi. Dalam penelitian tersebut mereka menetap selama dua minggu dari tanggal 03 Juli hingga 17 Juli 2014.

    Selama di sana para mahasiswa ini menetap bersama Orang Rimba atau Suku Anak Dalam Jambi di dalam hutan. Hutan tersebut merupakan tempat tinggal sementara Suku Anak Dalam Jambi.

    - Advertisement -

    Fara Shabrina salah satu mahasiswa mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merekam kearifan lokal penduduk asli Indonesia; kehidupan sehari-hari, budaya,dan terutama arsitekturnya. Sehingga pada akhirnya tidak akan ada lagi suku asli bangsa kita yang terlupakan atau tidak diketahui masyarakat kita sendiri.

    “Pastinya banyak keunikan, dan ciri khas dari kehidupan dan arsitektur Orang Rimba yang pada dasarnya benar-benar masih seutuhnya menjadi diri mereka sendiri, dalam arti jauh dari sentuhan modernisasi,” kata Fara.

    Selanjutnya, menurut Fara, setelah melakukan peelitian mereka akan mengeluarkan buku dan juga pameran terkait penelitian yang mereka lakukan di Taman Nasional Bukit  Duabelas, Jambi. Rencananya pameran ini akan digelar pada blan November 2014.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here