More

    Dua Mahasiswa UGM Jabat Posisi Penting di Organisasi Kehutanan Dunia

    A. Fauzan

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Dua mahasiswanya Universitas Gadjah Mada (UGM)  berhasil meraih jabatan strategis di Organisasi Mahasiswa Kehutanan Sedunia (IFSA). Mereka terpilih dalam pemilihan yang digelar saat simposium mahasiswa kehutanan internasional atau lebih sering disebut International Forestry Students’ Symposium (IFSS) di British Columbia, Kanada pada tanggal 6-21 Agustus 2014.

    Keduanya adalah Sekar Ayu Woro Yunita dan Agiel Prakoso. Sekar dipercaya menyandang posisi sebagai Asia-Pacific Regional Representative (APRR) periode 2014-2015. Sedangkan Agiel Prakoso terpilih sebagai Liaison Officer IFSA untuk Food Agricultural Organization (LO FAO).

    - Advertisement -

    Sekarmenuturkan, ia sebagai perwakilan IFSA kawasan Asia Pasifik bertugas memimpin dan memantau seluruh komite lokal IFSA yang berada di wilayah Asia Pasifik.  Selain itu, pada tahun 2015 memimpin pertemuan mahaiswa kehutanan se-Asia Pasifik di Taiwan.

    “Sebagai APRR, targetnya tahun ini mendirikan komite lokal baru di Jepang dan Selandia Baru,” terangnya, kemarin Senin (08/09/2014).

    Sementara Agiel Prakoso mengatakan, Sekar nantinya akan bertugas menjadi penghubung antara IFSA dengan FAO. Sementara diriya akan bertugas mengirim delegasi IFSA ke XIV World Forestry Congress di Durban, Afrika Selatan pada bulan september 2015 mendatang.

    Dalam simposium tersebut keduanya juga mendapat kesempatan mempresentasikan usaha Indonesia dalam menangani pembalakan liar dan perdagangan kayu illegal melalui Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).  Mereka melakukan presentasi di hadapan ratusan mahasiswa kehutanan dari 32 negara di dunia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here