More

    Mengenal Budaya Indis di Nederlands Festival 2014

    Ilustrasi : dreamyourholidays.com/
    Ilustrasi : dreamyourholidays.com/

    Sebagai usaha untuk mempertahankan kebudayaan campuran antara Indonesia dan Belanda, Ikatan Mahasiswa Sastra Belanda Universitas Indonesia (IKSEDA UI) Sastra Belanda Universitas Indonesa mempersembahkan sebuah acara Nederlands Festival 2014.

    Acara ini akan berlangsung selama 3  hari pada tanggal 16, 17, dan 19 Oktober 2014. Kali ini Nederlands Festival mengusung tema Kebudayaan Indis dengan menggunakan slogan “Indis: Produk Budaya Belanda Tropis”.

    Pengambilan tema tersebut karena Kebudayaan Indis dirasa perlu dipresentasikan karena merupakan cikal bakal kebudayaan Indonesia modern dan  menjadi acuan dalam Tata Negara, Tata Hukum, Tata Masyarakat, Pola Hidup, dan lainnya.

    - Advertisement -

    Nederlands Festival terbagi dalam 3 segmen acara yaitu edukasi, olahraga, dan hiburan. Nederlands Festival akan menjadi sarana bagi anda untuk dapat menikmati atmosfeer era Hindia-Belanda.

    Nederlands Festival akan dibuka dengan pagelaran teater dari teater Tulip berjudul “Judas Iskariot” pada 16 Oktober 2014 pukul 15.00 – 17.00. Pertunjukan teater tersebut tidak hanya menghadirkan unsur teatrikal namun juga musik serta tari dan puisi.

    Pada hari yang sama juga digelar Mini Museum Indis. Museum ini akan membawa pengunjung kembali keadaan di zaman kolonial. Konsep mini museum ini berlatarkan rumah-rumah zaman kolonial, sehingga pengunjung akan merasa dibawa kembali ke zaman dahulu.

    Benda yang akan ditampilkan: pakaian beserta manekinnya, lukisan, foto, pedang koleksi Museum Sejarah Jakarta dan koleksi foto Kartini Alexander.

    Selanjutnya pada hari kedua 17 Oktober 2014, akan digelar seminar tentang budaya Indis dengan tema seminar “Berbagi Budaya. Seminar ini menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dan berpengaruh di dalam hubungan Indonesia-Belanda dan Budaya.

    Sejumlah pembicara yang akan hadir adalah Dr. Lilie Suratminto, S.S., M.Hum. Anayu Chacha, S.Hum, Dr. Kees Groeneboer, Alpha De Fretes (Godfather Blues Indonesia) dan  moderator  Amalia Putri Astari. Seminar ini akan digelar di Audirorium Gedung 4 FIB UI pada pukul 15.00 – 17.00.

    Selanjutnya pada hari ketiga, Minggu, 19 Oktober 2014 akan digelar fietsdag, yakni konvoi sepeda santai yang diadakan di area kampus Universitas Indonesia. Kegiatan ini memberikan wadah bagi komunitas sepeda dan masyarakat luas untuk berkumpul dan menghabiskan minggu pagi yang berkualitas. Selain hanya bersepeda, peserta juga akan disuguhi penampilan dari Marching Band Ui –Madabahana- dan penampilan tari tradisonal betawi dari SMA 70 Jakarta.

    Selanjutnya adalah  X-Games. Acara ini akan menampilkan penampilan terbaik dari pecinta olah raga extrem. Olahraga extrem yang kami angkat disini adalah BMX. Mereka akan menampilkan aksi-aksi yang memukau dan mencenangkan. Dibuka dengan penampilan Golden Cat, tim cheers terbaik UI. X-Games akan digelar di Boulevard UI pada pukul 09.10 – 12.30 WIB. Kegiatan ini akan diisi oleh Komunitas BMX.

    Kemudian adalah Muzieksfeest. Muzieksfeest dalam bahasa Indonesia berarti pesta musik. Acara ini akan menghadirkan penampilan musik dari band-band Indonesia dengan berbagai aliran musik khususnya indorock, yang merupakan produk budaya Indis.

    Kemudian adalah yang tak kalah seru adalah Depok Tong-tong fair diadaptasi dari Tong-tong fair yang ada di negara Belanda yang merupakan sebuah festival besar yang menampilkan budaya indo (Eropa-Belanda) yang diadakan setiap tahunnya. Acara ini berbentuk bazaar makanan dan aksesoris.

    Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jau budaya Indis. Ayo ke sini![]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here