More

    UI Gelar Konferensi Internasional “Pengabdian Masyarakat”

    Ilustrasi. Salah satu produk inovasi dan kurma untuk mengatasi kekuarangan gizi pada anak-anak. Foto Fauzan
    Ilustrasi. Salah satu produk inovasi dan kurma untuk mengatasi kekuarangan gizi pada anak-anak. Foto Fauzan

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesa menggelar perhelatan Konferensi Internasional The 2nd Asia Engage Regional Conference 2014. Konferensi bertajuk “Innovation And Creativity ; Collaborating with Communities to Tackle Problems Across ASEAN, Asia, And Beyond” ini akan digelar pada 17 -20 November 2014.

    Konferensi internasional “Pengabdian Masyarakat” ini menghadirkan 185 peserta dari Kamboja, India, Singapura, Brunai, Thailand, Philipina, Malaysia, Pakistan, dan tuan rumah Indonesia. Mereka akan menampilkan sejumlah program pengabdian masyarakat yang berhasil memberikan dampak pada pemberdayaan masyarakat.

    Sebagai tuan rumah dalam perhelatan ini, Universitas Indonesia sebagai tuan rumah akan mempresentasikan sebanyak 40 hasil penelitian yang memberikan dampak kepada masyarakat. Sejumlah produk penelitian tersebut diantaranya produk kerajianan tangan suku Rimba Jambi,  inovasi tempe dan kurma untuk mengatasi kekuarangan gizi pada anak-anak, dan sebagainya.

    - Advertisement -

    Menurut Dr.rer. nat. Agustino Zulys, M.Sc., Kepala Dir Riset dan Pengabdian Masyarakat UI mengatakan Asia Engage Regional Conference 2014 adalah ajang untuk mendorong keikutsertaan perguruan tinggi di Asia, khususnya Indonesia untuk berkontribusi positif mengentaskan masalah masyarakat ASEAN. Selain itu konferensi ini juga merupakan bentuk upaya mengimplementasikan kompetensi perguruan tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan untuk membangun jejaring dengan universitas di ASEAN.

    “Melalui konferensi intenasional ini diharapkan UI dapat mendorong terciptanya kualitas dan kuantitas kegiatan kerjasama bidng pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Asia dan Indonesia,” kata Agus.

    Sehingga menurutnya, pemberdayaan masyarakat yang berbasis keilmuan dn riset dapat menjamin keberlanjutan program dan dampak luas untuk kesejahteraan rakyat.

    Penyelenggaraan kagiatan ini bekerjasama dengan University Kebangsaan Malaysia dan didukung oleh Dikti, Flipmas (forum layanan iptek bagi masyarakat.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here