More

    Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa ke-30: “Meneropong Panggung Jurnalistik Masa Kini”

    14 04 2015 PosterToKabarKampus

    Lembaga Pers Mahasiswa ASPIRASI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) kembali akan mengadakan acara tahunan Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM). Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi jurnalistik kepada mahasiswa dan masyarakat yang dipandu langsung oleh pembicara-pembicara terbaik di bidang jurnalistik.

    Mengusung tema ‘Meneropong Panggung Jurnalistik Masa Kini’, PJM kali ini memiliki tujuan agar masyarakat luas khususnya para jurnalis dapat berpegang teguh pada asas-asas keberimbangan berita, ketajaman fakta, dan tanpa keberpihakan pada pihak tertentu di tengah arus informasi yang membanjiri setiap lini media masa. “Namun media-media masa kini banyak yang sudah keluar jalur dari asas-asas tersebut. Banyaknya drama dan skenario pada media massa tak lebih dari sebuah ‘panggung’ belaka. Untuk itu kita, sebagai jurnalis-jurnalis perlu untuk mengkaji, menyimak, serta mempelajari dunia jurnalistik saat ini,” ujar Haris Prabowo selaku ketua pelaksana PJM ke-30.

    - Advertisement -

    PJM ke-30 akan memberikan pendidikan jurnalistik berupa workshop secara eksklusif untuk setiap kelasnya. Di sini peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti sesuai dengan passion, berbeda dengan tahun kemarin dimana mengharuskan peserta untuk mengikuti semua kelas yang ada di PJM.

    Workshop dibagi menjadi  tujuh kelas berbeda yaitu Kode Etik Jurnalistik, Basic Reporter, Teknik Investigasi, Fotografi Jurnalistik, Mekanisme Kerja Redaksi (sekaligus Kunjungan Redaksi), Kartun Karikatur, dan Design Grafis. Setiap kelas hanya tersedia 50 kursi. Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 35.000,- , peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti (kecuali kelas Mekanisme Kerja Redaksi + Kunjungan Redaksi sebesar Rp. 70.000,-).

    Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 18-21 Mei 2015 di Auditorium lt.4, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Pastinya PJM ke-30 menjadi event yang pantang untuk dilewatkan, mengingat PJM tahun ini akan diisi oleh ‘guru-guru’ yang sudah ahli di bidangnya.

    Tak hanya itu, bersamaan dengan PJM30 kami juga mengadakan Photo Exhibition Aspirasi 2015 pada tanggal 19-20 Mei 2015 berlokasi di Ubin Merah, Fakultas Ekonomi, UPNVJ. Mini-gallery yang mengangkat tema “Jakarta Bercerita” ini, bertujuan untuk menampilkan foto-foto jurnalistik hasil dari LPM Aspirasi dan beberapa LPM/pers mahasiswa yang ada di  Jabodetabek.

    Tidak menutup kesempatan, mahasiswa umum pun dapat ikut serta memamerkan hasil foto mereka. Dengan syarat memiliki unsur jurnalistik dan unsur human interest. Pendaftaran kontribusi tidak dipungut biaya dan foto yang menarik akan mendapat bingkisan dari LPM Aspirasi.

    Pendaftaran PJM30 dan Photo Exhibition Aspiarasi 2015  :

    Fitri : 083877881504 / bbm : 290FF7EC

    Yoza : 082299358020 / bbm : 51D9413F

    Pembayaran transfer melalui :

    BNI                  : 0340100927 a/n Fitri Permata Sari

    MANDIRI         : 90000-1989-8056 a/n Yoza Riska

    BCA                 : 2030392143 a/n Vony Mulyany

    *Harap konfirmasi sebelum/setelah transfer

     

    Tentang Lembaga Pers Mahasiswa ASPIRASI

    Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ASPIRASI merupakan media komunikasi dan informasi kampus Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta yang berdiri sejak 31 Oktober 1983. Sudah 31 tahun LPM ASPIRASI menjadi pilar informasi dan pondasi kontrol sosial di UPNVJ. Produk-produk LPM ASPIRASI berupa Majalah, Jurnal Bulanan, serta Online. Selain redaksional, LPM ASPIRASI juga memiliki beberapa kegiatan non-redaksional seperti bedah buku, pemutaran film, Dies Natalis LPM ASPIRASI, dan salah satu event terbesar kami yaitu Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM). Hingga saat ini LPM ASPIRASI konsisten menjadi ruang informasi yang terus mengedukasi mahasiswa dengan berita-berita sesuai dengan fakta yang terpercaya.

     

    Alamat Redaksi

    Kampus UPNVJJln. RS. Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450

    Website : www.aspirasionline.comTwitter : @LPMaspirasi – Instagram : @LPMaspirasi

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here