More

    Pelatihan 3 Bulan, LPM Penalaran UNM Hasilkan 14 Penelitian

    Nurul Istiqamah

    Salah satu kelompok LPM Penalaran UNM mepresentasikan hasil penelitian di kampus UNM, Makassar, Minggu, (10/05/2015).
    Salah satu kelompok LPM Penalaran UNM mepresentasikan hasil penelitian di kampus UNM, Makassar, Minggu, (10/05/2015).

    MAKASSAR, KabarKampus – Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) mempresentasikan sebanyak 14 hasil riset calon anggota baru di kampus UNM, Makassar, Minggu, (10/05/2015). Hasil riset tersebut merupakan hasil pelatihan Metodelogi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian yang digear UKM tersebut selama tiga bulan dan proses penelitian hampir satu bulan.

    Presentasi penelitian dibagi dua, yaitu kelas sains dan sosial. Kelas sosial terdiri dari tujuh kelompok, sedangkan kelas sains tujuh kelompok.

    - Advertisement -

    Judul kelompok dalam kelas sosial yaitu Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Perilaku Cyberbulying di SMAN Negeri 5 Makassar, Analisis Faktir Dominan yang Mempengaruhi Tingkat Kedisplianan Siswa Kelas X Islam Athirah Kajaolalido Makassar, Kesiapan  Mahasiswa Akuntasi Perguruab Tinggi Negeri Di Makassar Menuju Asean Economi Comunity (Aec) 2015, Persepsi Masyarakat Terhadap Program Pemerintah Makassarta Tidak Rantasa di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Anggota pada Kinerja Pegawai di KPRI UNM, dan Mengurai Eksistensi Nilai Sipakatau, Sipakainge, Sipaka Lobbi di Tengah Konflik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar).

    Dalam presentasi tersebut, setiap penelitian dipresentasikan ditanggapi oleh tiga penanggap yaitu Misnariah Idrus, S.Pd, Rahmat Fajar Aziz, S.Psi, dan Andi Merfianti. Para penangap menanggapi setiap kekurangan  pada penulisan laporan penelitian, kerancuan hasil penelitian dan lain-lain.

    Sementara itu dibidang sains ada empat kelompok yang mengambil tema Sains yaitu judul Penurunan Kadar Chemical Oxygen Demand pada Perairan Pantai Losari Menggunakan Karbon Akrtif dari Biji Durian (Durio Zibentinus), Pembuatan Biotanol Dari Daun Nanas Sebagai Sumber Energy Alternative Pengganti Bahan Bakar, Deskripsi Faktor-Faktor Penghambat Kinerja Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 17 Makassar, Formulasi Analisis Biscuit Kuya (Ikan Kuniran Dan Papaya) Sebagai Alternative Makanan Tambahan Untuk Penderita Gizi Buruk.

    Dalam mempersentasikan hasil penelitian, masing-masing kelompok hanya diberikan waktu 10 menit dan waktu untuk penanggap 15 menit. Di kelas ini sendiri ada tiga penanggap yaitu Wahyudin MY. S.Pd, Akbar Mappiare S.pd, Muhammad Yusran Latif S.Si yang juga merupakan alumni Penalaran.

    Masing-masing kelompok secara bergantian menjelaskan hasil penelitiannya, mulai dari latar belakang hingga kesimpulan. Selain itu penanggap juga sangat Jeli dalam menanggapi kelompok yang tampil, seperti ketidaksesuaian tujuan dengan pembahasan bahkan ketidaksesuaian rumusan masalah dengan latar belakang.

    “Anda tidak layak untuk menyimpulkan penelitian ini karena prosedurnya saja sudah salah, ” kata Wahyudin MY, salah satu dosen penanggap menaggapi penelitian kelompok yang tampil.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here