More

    Mahasiswa UMY Luncurkan Komunitas Sekolah Politik

    Ummi Athiyah Fitroh, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

    Mahasiswa UMY meluncurkan Komunitas Sekolah Politik.
    Mahasiswa UMY meluncurkan Komunitas Sekolah Politik.

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan Komunitas Sekolah Politik di desa Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Jawa Tengah, Selasa, (02/06/2015). Pendirian Komunitas ini didukung oleh KPU Batul dan Karang Taruna DIY.

    Fatikh Muhammad Alaudin, ketua tim mengatakan, komunitas ini adalah bagian dari output kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang dilaksanakan selama tiga bulan terakhir. Kegiatan sekolah politik lahir dari proposal PKM-M yang kami ajukan dan didanai Dikti.

    - Advertisement -

    “Kegiatan sekolah politik ini kami berinama The Political Academy dan sudah berjalan dari awal bulan Maret. Kami berharap dengan program pelatihan yang diberikan, dapat memberikan dampak baik untuk generasi muda Indonesia lebih sadar politik,” tutur Fatikh.

    Sebelum terbentuknya komunitas, tim The Political Academy telah terlebih dahulu menjalankan program-program yang telah tertulis dalam proposal PKM-M. Rangkaian program tersebut digelar bersama Karang Taruna Jaya Kusuma Singosaren selama tiga bulan terakhir.

    “Kegiatan tersebut diantaranya, sosialisasi, diskusi politik, workshop, pelatihan advokasi dan capacity building, dan kegiatan simulasi politik,” kata Fatikh.

    Sementara itu, Hanggar cahyo Nugroho ketua Karang Taruna berharap komunitas ini dapat menjadi semangat lain untuk muda-mudi lebih sadar politik. Selain itu komunitas ini juga dapat menyebarkan dampak positif mengenai politik pada masyarakat luas dan dapat mendampingi masyarakat dalam berpolitik.

    “Komunitas ini merupakan hal yang unik dan sangat diperlukan dalam mendampingi masyarakat dalam proses demokrasi, dan diharapkan komunitas ini dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat di desa Singosaren.” tuturnya.

    Sementara itu, Titik Istiwayatun Khasanah perwakilan KPU Bantul mengatakan, mereka menyambut baik adanya komunitas sekolah politik ini. “Kami berharap ke depannya dapat membantu KPU untuk menghadapi pilkada serentak, yang mana akan dilaksanakan desember 2015 mendatang,” ungkap Titik setelah menadatangani Nota Kerjasama dan pemotongan tumpeng.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here