More

    Pasebos : Sekali Pencet, Baju Rapi Seketika

    Pasebos alat pelipat baju otomatis. Dok. UGM
    Pasebos alat pelipat baju otomatis. Dok. UGM

    Melipat baju kini tak lagi memakan waktu. Sekali pencet, pakaian pun rapi dengan sendirinya.

    Alat ini merupakan alat pelipat baju otomatis karya sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka menamakannya dengan “Pasebos”.

    Alat ini lahir dari Kreativitas lima mahasiswa Prodi Elektronika  dan Instrumentasi Sekolah Vokasi UGM. Para mahasiswa tersebut adalah Yoga Adi Candra, Mukhlisin, Farouq Rifani, Rahmatia Firda A, dan Bagus Purnomo.

    - Advertisement -

    “Pasebos kami kembangkan untuk membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga. Supaya pekerjaan melipat lebih efisien dan dilakukan secara otomatis. Sekali pencet dan kurang dari 5 detik baju sudah terlipat rapi,” kata Yoga.

    Menurut  Yoga, alat ini dikembangkan sejak bulan April 2015 lalu. Dibuat dengan menggunakan alat pelipat baju yang sudah banyak beredar di pasaran, kemudian dimodifikasi dengan tiga motor servo bertegangan 6 volt sebagai penggeraknya dan dikontrol oleh mikrokontroler arduino.

    Sementara kata Yoga untuk memudahkan penggunaan, mereka melengkapi Pasebos dengan LCD 16×2 sebagai interface. Melalui LCD akan ditampilkan keterangan terkait kesiapaan penggunaan alat.

    “Ada empat tombol pada alat ini yaitu tombol otomatis, gerak lipat kiri, gerak lipat kanan, gerak lipat tengah,”tutur Yoga.

    Yoga menjelaskan, Pasebos terdiri dari dua mode pengoperasian yaitu otomatis dan manual. Dengan mode otomatis cukup dengan melakukan satu kali pencet di tombol otomatis maka alat pelipat akan bergerak melipat baju mulai dari arah kiri, kanan, dan tengah. Sementara dengan mode manual operator harus memencet 3 tombol secara bergantian untuk mendapatkan baju terlipat secara rapi.

    “Alat ini bisa digunakan untuk melipat baju ukuran orang dewasa,”jelasnya Rahmatia menambahkan.

    Keunggulan lainnya kata Yoga adalah, dapat dilipat dan mudah disimpan.

    Saat ini Yoga dan kawan-kawannya tengah melakukan pengembangan lebih lanjut dengan berupaya menambah fungsi setrika otomatis. Mereka sedang mengupayakan menambahkan setrika  uap otomatis agar fungsi alat lebih optimal. Mereka juga  tengah melakukan beberapa kali uji coba untuk pemasangan setrikanya.

    “Semoga segera bisa jadi,”harap Yoga.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here