More

    Mobil Listrik ITS Jelajah Jakarta Hingga Bali

    Mobil listrik ITS jelajah Jakarta hingga Bali. FOTO : ITS
    Mobil listrik ITS jelajah Jakarta hingga Bali. FOTO : ITS

    JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya kembali melakukan uji coba terhadap mobil listrik terbaru mereka yakni Widya Wahana V. Uji coba dilakukan dari Jakarta menuju Balidari tanggal 17 Agustus – 19 Agustus 2015.

    Mobil Widya Wahana V berangkat dari kantor Kemenristek Dikit pada tanggal 17 Agustus 2015,  bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Mobil yang menampung dua orang ini rencananya akan berhenti disejumlah kota besar seperti Semarang, Banyuwangi, dan Denpasar.

    Uji coba mobil Tour de Java-Bali ini merupakan persiapan sebelum ikut serta dalam lomba internasional World Solar Challenge 2015, Australia (WSC 2015) pada bulan Oktober mendatang. Dalam lomba tersebut akan menempuh perjalanan sejauh 3000 km dari Darwin (Australia Utara) hingga Adelaide (Australia Selatan).

    - Advertisement -

    Tantangan dari peserta WSC 2015 adalah bagaimana mengelola tenaga surya pada mobil agar dapat menyelesaikan perjalanan dalam jangka waktu maksimal 6 hari dengan perjalanan setiap hari maksimal 9 jam (08.00-17.00 Waktu setempat). Tantangan dalam lomba tersebut adalah suhu Australia yang cukup ekstrem, yaitu berkisar antara 20-30 derajat celcius. Selain itu, tempat pemberhentian (pit stop,red) yang tidak menentu, keadaan jalanan yang penuh dengan road train menjadi tantangan lainnya.

    Mobil Widya Wahana V dibekali dengan motor listrik berkekuatan 12 x 2 kW. Sehingga mobil ini dapat melaju hingga kecepatan maksimal 150 km/jam dan memiliki jarak tempuh 700 km/charge. Melalui spesifikasi tersebut, mobil Widya Wahana V diharapkan mampu menorehkan prestasi maksimal pada WSC 2015, yaitu menjadi juara dunia.

    Keikutsertaan ITS Solar Car Racing Team pada WSC adalah untuk kedua kalinya. ITS merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dalam perlombaan tersebut. Kali ini merupakan pembuktian bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing dalam kompetisi global dengan tim-tim dari perguruan tinggi ternama di dunia seperti Tokai University, Michigan, Stamford University, MIT, Cambridge University, dan perguruan tinggi top lainnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here