More

    Diduga Karena Ulah Pendaki Ilegal, Alun-Alun Suryakencana Gede Pangrango Terbakar

    Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango terbakar. Foto. Volunter Gede Pangrango
    Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango terbakar. Foto. Volunter Gede Pangrango

    BOGOR, KabarKampus – Wilayah Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango terbakar. Diduga kebakaran yang terjadi wilayah yang sering menjadi lokasi ngekamp para pendaki tersebut terbakar karena ulah pendaki ilegal.

    Mukhlis Iskandar, salah satu volunter Gunung Gede Pangrango mengatakan, berdasarkan pengamatan mereka, wilayah alun-alun Suryakencana yang terbakar adalah seluas 25 hektar. Mulai dari alun-alun timur  hingga alun- alun barat.

    “Kami menduga kebakaran tersebut disebabkan oleh pendaki ilegal. Mereka lalai memadamkan api,” kata Mukhlis kepada KabarKampus, Rabu, (23/09/2015).

    - Advertisement -

    Menurut Mukhlis, dari bulan April hingga akhir September 2015 Gunung Gede Pangrango ditutup untuk umum. Namun masih ada saja pendaki ilegal yang nekat mendaki.

    Menurut Mukhlis, sebelumnya sekitar tahun 2001 kebakaran hebat pernah menghabisi sebagian alun-alun yang memiliki luas 800 hektar tersebut. Penyebabnya adalah kelalaian pendaki.

    “Ketika itu mereka tidak memadamkankan api bekas api unggun. Sehingga baranya dibawa angin dan membakar alun-alun,” ungkap Mukhlis.

    Kebakaran di Alun-alun Suryakencana ini telah berlangsung sejak hari Minggu, (27/09/2015). Hingga saat ini petugas dibantu volunter dan warga masih melakukan pemadaman di lokasi kebakaran.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here