More

    Sarjana Kembar Ini Lulus Cumlaude Dengan IPK Kembar

    Tika dan Tifa, sarjana kembar peraih IPK kembar. Foto. UNS
    Tika dan Tifa, sarjana kembar peraih IPK kembar. Foto. UNS

    SOLO, KabarKampus – Lulus kuliah dan meraih IPK cumlaude adalah sesuatu yang biasa bagi banyak sarjana. Namun apa yang dialami dua kakak beradik yang menjadi wisudawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Tahun Ajaran 2015 / 2016 menjadi sesuatu yang tak biasa.

    Keduanya tak hanya berwajah mirip alias kembar, mereka juga meraih cumlaude dengan IPK yang juga sama.

    Kedua sarjana kakak beradik tersebut adalah Tifa Paramitha dan Tika Paramitha, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNS. Keduanya lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85.

    - Advertisement -

    Tifa dan Tika lahir di tanggal dan tahun yang sama yaitu 19 Agustus 1993. Keduanya pun memiliki minat yang sama setelah lulus SMA dan memutuskan mendaftar di jurusan yang sama di kampus UNS pada 2011 lalu. Begitu juga dengan organisasi kemahasiswaan yang diikuti yaitu sama-sam aktif di Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNS.

    Minat mereka pada penelitian skripsi pun sama, keduanya sama-sama kompak mengambil tema Prarancangan Pabrik Aniline dari Hidrogenasi Nitrobenzene Fase Uap Kapasitas 44000 Ton/Tahun. Meski demikian keduanya mengaku, selama kuliah di setiap semester IPK mereka berbeda.

    Menurut Tika kunci kesuksesan mereka berdua adalah kalau mau ujian mereka belajar berdua. “Nanti kalau saya ngga bisa, minta ajarin dia, gantian,” kata Tika sembari meminta persetujuan Tifa.

    Sementara itu Samuji, ayah Tifa dan Tika mengaku kedua anaknya tersebut memang memiliki kedekatan. “Dulu sewaktu mau kuliah ditanya bagaimana misal satu di Surabaya, satunya di Solo atau Jogja. Yang kecil jawab gini, ‘Ora papa pisah, paling-paling ora enak mangan sak wulan (Tidak apa-apa pisah, paling jadi tidak enak makan satu bulan’,” ujar Samuji menceritakan kepolosan anak kembarnya.

    Jawaban tersebut akhirnya mengantarkan si kembar kuliah di tempat yang sama, jurusan yang sama, menempati kos bersama hingga keduanya lulus bersama.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here