More

    Unimal Sukses Gelar Industrial Line Up Competition

    salah satu peserta mempresentasikan salah satu produk inovasi dalam ajang Industri Line UP Competition. Dok. Panitia ILUC
    salah satu peserta mempresentasikan salah satu produk inovasi dalam ajang Industri Line UP Competition. Dok. Panitia ILUC

    LHOKSEUMAWE, KabarKampus – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar  kompetisi tingkat nasional Industrial Line Up Competition. Dalam kompetisi ini peserta merancang produk dan simulasi sitem dalam membuat produk inovasi barang dan jasa, atau keilmuan yang terkait dengan Teknik Industri.

    Acara ini telah berlangsung dari tanggal 07 – 09 September 2015 di di Gedung Teknik Industri Kampus  Bukit Indah Unimal, Lhokseumawe.  Kegiatan ini diikuti oleh lima tim yaitu Tim Semangat Industri perwakilan tuan rumah dari Universitas Malikussaleh, Tim Sibayak dan Tim Triesu dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Sultan Syarif Hidayatullah Riau juga ikut berpartisipasi dengan mengirim Tim Afford Dan Tim Vignette dari Universitas Telkom Bandung.

    Acara perdana ini mengusung tema tema “The Aplication Of Product Design And Simulation System For Small Medium Enterprises In Maritime Indutry.” Objek pengampikasian produk dan simulasi adalah usaha kecil menengah yang berada di daerah pesisir pantai tepatnya di desa Ujong Blang.

    - Advertisement -

    Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan lomba ujian tulis keilmuan Teknik Industri. Acara hari pertama berlangsung sampai sore hari, peserta lalu dibawa ke tempat wisata yang ada di Lhokseumawe yaitu Goa Jepang dan Taman Ngieng Jioh di Desa Blang Panyang. Setelah menikmati pemandangan di sana, peserta kembali ke penginapan yaitu di Arun Guest House untuk beristirahat.

    Pada hari kedua, seluruh tim peserta membawa semua produk yang diperlombakan ke Gedung Teknik Industri Unimal. Produk tersebut lalu dipamerkan di acara Industrial Expo.  Industrial Expo merupakan suatu wadah pameran bagi mahasiswa, dosen, maupun siswa SMK.

    Dalam acara tersebut cukup banyak menarik perhatian mahasiswa Unimal untuk berkunjung ke stand peserta. Seiring pameran berlangsung, peserta juga melakukan presentasi produknya secara bergantian di ruangan yang telah disiapkan oleh panitia.

    Setelah acara pameran dan presentasi berakhir pada siang hari, peserta dibawa ke Desa Ujong Blang. Di Desa tersebut, produk yang diperlombakan langsung diaplikasikan kepada masyarakat. Peserta didampingi oleh panitia saat ke Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di pesisir pantai tersebut.

    Dalam kompetisi ini juara pertama diraih oleh Tim Sibayak dari USU, juara dua diraih oleh tim Vignette dari Telkom University, dan  juara tiga diraih tim tuan rumah Semangat Industri dari Unimal.  Sementaara Tim Trieusu dari USU membawa pulang piala dengan meraih predikat sebagai juara favorit.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here