More

    Peluncuran “Gerakan Shalat Subuh Berjamah” di Unnes Disesaki Mahasiswa

    Shalat subuh berjamaah di Masjid Ulul Albab Unnes. Dok. Unnes
    Shalat subuh berjamaah di Masjid Ulul Albab Unnes. Dok. Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Tidak seperti biasanya, sebelum subuh Masjid Kampus Ulul Albab Universitas Negeri Semarang (Unnes) disesaki sekitar 350 jamaah. Mereka adalah mahasiswa Unnes yang bersiap menjalankan ibadah salat subuh yang digelar pada hari Rabu, (14/10/2015).

    Shalat subuh ini sekaligus merupakan launching program Gerakan Subuh Jamaah yang dicanangkan Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Unnes. Gerakan ini juga digelar serentak di 23 kampus di Indonesia.

    Bayu Kurniawan, Ketua UKKI Unnes mengatakan, shalat subuh merupakan kewajiban bagi kaum muslimin. Shalat subuh juga mempunyai manfaat yang tidak bisa dianggap remeh.

    - Advertisement -

    “Shalat subuh berjamaah membiasakan seseorang bangun lebih pagi. Ketika bangun lebih pagi, seseorang akan memulai pekerjaan lebih awal. Selain itu juga akan menjadikan seseorang lebih disiplin dalam kehidupannya. Dari sudut pandang sosial, salat berjamaah akan menguatkan solidaritas dan kebersamaan,” ungkapnya.

    Selanjutnya kata Bayu, shalat subuh dan bangun pagi memiliki pengaruh terhadap etos kerja dan kecerdasan. Orang yang membiasakan diri bangun pagi akan lebih semangat dalam menjalani hari. Ia bangun dalam kondisi fisik dan pikiran yang lebih segar.

    “Jika setiap mahasiswa muslim di Unnes membiasakan diri bangun pagi dan diawali dengan shalat subuh jamaah, maka tidak mustahil jika peradaban Indonesia bangkit dari masjid. Hal itulah yang mendasari UKKI Unnes untuk ikut berpartisipasi dalam Gerakan Subuh Jamaah,” tandasnya.

    Bayu menambahkan, Gerakan Subuh Jamaah merupakan gerakan yang dimotori oleh Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional. Karena itu, ada berbagai universitas lain yang juga turut berpartisipasi dalam menggemakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah ini.

    Sementara itu Muhammad Mughnil Labib, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes mendukung penuh dan memberikan apresiasi terhadap gerakan ini. Ia berharap UKKI Unnes dapat melakukan sosialisasi secara maksimal.

    “Setidaknya UKKI Unnes bersilaturrahmi ke seluruh elemen kampus baik itu LK/BSO maupun birokrasi. Selain itu, libatkan ulama’ dan masyarakat di sekitar kampus,” ungkapnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here