More

    Terjebak Kebakaran, Enam Pendaki Tewas di Gunung Lawu

    Gunung Lawu / Foto : wisatagunung.wordpress.com
    Gunung Lawu / Foto : wisatagunung.wordpress.com

    KARANGANYAR, KabarKampus – Sebanyak enam orang pendaki diduga tewas terpanggang api dalam kebakaran hutan di Gunung Lawu, Jawa Tengah, Minggu, (18/10/2015). Sementara tiga orang lainnya mengalami luka-luka dalam kebakaran tersebut.

    Berdasarkan pantauan vivanews, lima korban sudah berhasil dievakuasi. Dua diantaranya tewas terpanggang.

    Dari data yang berhasil dihimpun korban yang berhasil dievakuasi yakni, Eko Nurhadi asal Ngawi Jawa Timur dan Novi Dwi Estiwanti warga Desa Beran, Ngawi, dan Nanang Setyo. Sementara dua orang yang tewas, belum diketahui identitasnya dan saat ini kedua jasadnya dibawa ke RSUD dr Sayidiman Magetan.

    - Advertisement -

    Sedangkan empat korban tewas lain masih belum divakuasi. Petugas gabungan dan tim SAR masih berupaya menurunkan korban ke lokasi evakuasi terdekat.

    Berdasarkan keterangan pers yang dikeluarkan Basarnas, kebakaran hutan yang menelan korban tersebut disebabkan api unggun para pendaki. Para pendaki meninggalkan api unggun sebelum dipadamkan.

    “Telah terjadi kebakaran hutan akibat api unggun dari pendaki gunung yang ditinggal dan belum dipadamkan,” ujar Sutopa Purwo Nugroho, Kepala Pusat Dara Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dalam keterangan persnya, Minggu, (18/10/2015).

    Menurut Sutop, musibah terjadi sekitar pukul 13.40 WIB di petak 73 KPH Gunung Lawu. Musibah itu sempat terdeteksi penduduk beberapa jam sebelumnya yang melihat kepulan asap di sekitar Pos 3 Semoro Sewu.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here