More

    Lagu Eminem Tingkatkan Performa Olahraga hingga 10 Persen

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Lagu-lagu rapper AS Eminem seperti Lose Yourself ternyata bisa meningkatkan secara signifikan kekuatan dan ketahanan atlet selagi berolahraga. [FOTO : REUTERS]
    Lagu-lagu rapper AS Eminem seperti Lose Yourself ternyata bisa meningkatkan secara signifikan kekuatan dan ketahanan atlet selagi berolahraga. [FOTO : REUTERS]
    Mendengarkan lagu-lagu hits rapper AS, Eminem ternyata dapat membantu Anda meningkatkan penampilan atletik Anda hingga 10 persen. Demikian temuan dari sebuah penelitian terbaru.

    Sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Hartpury di Inggris selama 3 bulan memonitor dampak psikologis dari musik dari berbagai genre terhadap perenang Inggris Ben Hooper menjelang rencananya melakukan aksi berenang sejauh 3200 kilometer menyeberangi Laut Atlantik pada Desember mendatang.

    - Advertisement -

    Lagu-lagu Eminem yang diteliti dalam riset ini antara lain Lose Yourself dan Without Me ternyata menunjukan peningkatan yang signifikan baik kekuatan maupun ketahanan selama sesi latihan yang dilakukan Ben Hooper yang sengaja diperpanjang dan diintensifkan.

    Para peneliti berusaha menemukan ‘soundtrack lagu yang memicu kesuksesan’ dengan mengawasi kinerja Harper berlatih di kolam renang selama lebih dari 25 ribu jam sambil dia mendengarkan beragam jenis genre lagu.

    Ternyata lagu Eminem diketahui memberikan efek yang sangat memotivasi dan meningkatkan level usaha yang dilakukan Hooper dan kelelahan yang dirasakan juga membaik. Dan kecepatan renang Ben Hooper juga tercatat meningkat 10 persen diatas rata-rata saat mendengarkan lagu-lagu tertentu dari Eminem.

    Musik dari The Script dan Swedish House Mafia juga terbukti bermanfaat.

    Di sisi lain, lagu-lagu Bob Marley dan seniman reggae lainnya ternyata tidak membawa perbaikan yang nyata dalam meningkatkan kecepatan dan sebaliknya Hooper perlu melakukan usaha yang lebih keras dalam sesi latihannya dengan mendengarkan lagu-lagu tersebut.

    Pemimpin penelitian ini, Richard Collins, seorang psikolog olahraga dan dosen senior di Hartpury mengatakan lirik dengan resonansi emosional ternyata lebih penting bagi Hooper daripada kombinasi tempo dan ritme di lagu itu.

    Temuan ini menjelaskan mengapa lagu Survivor dari kelompok musik Eye of the Tiger yang disebut Richard Collins “norak” tidak memberikan dampak besar padahal lagu itu bercerita tentang semangat untuk menang.

    Sementara itu Profesor dari Universitas Queensland Selatan, Peter Terry yang tahun lalu pernah menulis artikel dengan judul musik dan manfaatnya untuk olahraga mendukung kesimpulan dari penelitian ini.

    “Setelah memecahkan rekor renang dunia memenangkan 8 medali emas di olimpiade 2008, salah satu yang dia lakukan ketika tiba di rumahnya adalah secara pribadi dia mengucapkan terima kasih kepada penyanyi rap Lil’ Wayne yang disebutnya telah menginspirasi dirinya selama bertanding di Olimpiade Beijing,’ katanya.

    Professor Terry mengatakan analisis-meta dari sekitar 100 penelitian mengenai musik dan olahraga dan latihan selama satu abad terakhir memastikan kalau musik memberikan manfaat yang signifikan terhadap respon psikologi, tenaga yang dirasakan, kinerja fisik dan fungsi fisiologis.

    “Sifat stimulus dan motivasi musik dengan tempo yang cepat, dan lirik yang memotivasi dari lagu Bruce Springsteen – Born To Run, Britney Spears ‘Stronger – dan asosiasi terhadap kemuliaan atau kesuksesan dalam lagu M People – Search for The Hero, lagu I Will Survive dari Gloria Gaynor – merupakan lagu-lagu yang biasanya membantu atlet olahraga bekerja lebih keras dan lebih lama dengan menggunakan meniru tujuan dari tingkat usaha yang disiratkan dalamlagu tersebut.” katanya.

    “Sebuah studi pada tahun 2012 studi yang dilakukan oleh atlet triathlone elit di Akademi Olahraga Queensland menunjukkan bahwa sesi berlari di treadmill hingga kelelahan meningkat hingga 18 persen ketika peserta melakukannya dengan selalu mendengarkan segala jenis musik dari Oasis dan UB40 hingga Beyonce dan Taylor Swift , dibandingkan dengan menyelesaikan tugas berlari di treadmill tanpa musik. ”

    Para peneliti dari universitas Brunel London juga tahun lalu menemukan bahwa musik bisa diperkenalkan sebagai cara untuk membantu pasien mengurangi rasa sakit dan kecemasan pasca menjalani operasi.

    Dalam studinya, peneliti tersebut mempelajari 73 percobaan yang melibatkan 7000 pasien dan menelitinya apa reaksi meerka terhadap dampak dari musik terhadap perawatan yang mereka jalani pasca menjalani operasi.

    Hasilnya para pasien mengaku ‘rasa cemas dan gelisah mereka berkurang dan lebih puas setelah operasi jika mereka mendengarkan musik.

    Pasien itu juga mengaku rasa sakit mereka berkurang dan laporan rasa sakit mereka juga berkurang dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik.

    Jenis musik yang didengarkan diserahkan pada pilihan pasien sendiri sementara waktu mendengarkan musik setelah atau sebelum operasi ternyata tidak memberi banyak perbedaan.

    Dan pendekatan ini juga terbukti efektif bagi pasien lain yang menjalani anastesi umum. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here