More

    Polisi Tangkap Dosen Penyebar Foto Jokowi dan Nikita Mirzani

    Foto Joko Widodo dan Nikita Mirzani bukan foto rekayasa. Foto diambil saat
    Foto Joko Widodo dan Nikita Mirzani bukan foto rekayasa. Foto diambil saat pemutaran film ‘Brandal Brandal Ciliwung’ tahun 2012.

    JAKARTA, KabarKampus-Subdit Cybercrime Bareskrim Mabes Polri menangkap Yuliannus Paonganan si pembuat meme Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Nikita Mirzani, Kamis lalu (17/12/2015). Dia ditangkap karena dinilai telah menghina presiden Joko Widodo.

    Yuliannus Paonganan dijemput di kediamannnya di daerah Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Menurut Jenderal Polisi Badrodin Haiti, foto Presiden Jokowi dan Nikita Mirzani yang disebar melalui akun twitter @ypaonganan dengan tagar #papamintapaha dan #papamintalonte telah memenuhi unsur pidana.

    - Advertisement -

    Foto itu mengandung unsur pornografi dan melanggar Pasal 5 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

    “Tidak ada unsur kritik dalam foto itu. Yang ada hanya hanya kata-kata tidak senonoh yang cenderung menghina Presiden,” kata Kapolri Badrodin Haiti.

    Langkah selanjutnya pihak kepolisian akan membawa Yuliannus Paonganan ke pengadilan. Sampai saat ini tersangka masih dalam pemeriksaan di Bareskrim Polri. Pihak kepolisian juga telah menyita barang bukti berupa laptop, telepon genggam dan kartu identitas milik tersangka.

    Yuliannus Paonganan adalah seorang dosen, memimpin redaksi Majalah Maritim dan juga seorang inovator pesawat terbang tanpa awak. Melalui akun twitter @ypaonganan, dia banyak berkicau soal sosial-politik.

    Foto yang diunggah oleh Yuliannus Paoganan adalah benar adanya. Bukan hasil rekayasa. Foto tersebut diambil ketika Jokowi menghadiri pemutaran film ‘Brandal Brandal Ciliwung’ di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2012). Saat itu Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here