More

    Tekan Penderita HIV/AIDS, FKM Udinus Gelar TOT Bagi Dosen

    Suasana kegiatan Training Of Trainer kepada dosen mengenai HIV/AIDS di kampus Udinus, Semarang, Selasa, (19/01/2016). Foto : Udinus
    Suasana kegiatan Training Of Trainer kepada dosen mengenai HIV/AIDS di kampus Udinus, Semarang, Selasa, (19/01/2016). Foto : Agus Triyono

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus berkomitmen untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menekan angka pengidap HIV/AIDS. Selain rutin melakukan beberapa kegiatan penyuluhan HIV/AIDS, kali ini Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) mengadakan Training of Trainer (TOT) yang diikuti oleh dosen FKM dari berbagai universitas di Indonesia.

    Acara yang diselenggarakan atas kerjasama FKM Udinus dengan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) berlangsung selama lima hari, dari 18 Januari sampai 22 Januari 2015 di Kampus Udinus, Semarang. Dalam kegiatan ini para dosen diberikan pelatihan yang berkaitan dengan penanggulangan HIV/AIDS.

    “Tujuannya tak lain adalah agar para dosen yang mengikuti TOT ini ke depan dapat memberi pengetahuan kepada sesama rekan dosen, mahasiswa, dan juga masyarakat. Sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan angka penderita HIV/ADIS dapat ditekan,” jelas Eti Rimawati, M.Kes selaku Ketua Panitia.

    - Advertisement -

    Sementara itu Prof. Supriadi Rustad, Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus menuturkan, kesehatan merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan. Tanpa didukung dengan kesehatan yang baik maka pelaksanaan program-program pendidikan juga akan terhambat.

    Ia juga menyoroti tiga hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena penderita virus mematikan itu memang sulit diprediksi dan terdiri dari bermacam-macam latar belakang penderita.

    “Hal tersebut adalah substansi pokok dari ilmu yang berkaitan dengan HIV/AIDS, cara menyampaikannya, dan pentingnya menentukan cara pendekatan yang tepat pada setiap penderita HIV/AIDS,” imbuhnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here