More

    Buat Calon Mahasiswa, IPB Buka Kampus di Sukabumi

    ENCEP SUKONTRA
    BANDUNG, KabarKampus – Bagi kamu warga Sukabumi dan sekitarnya, kabar gembira muncul dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang meresmikan kampus barunya di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

    Peresmian kampus lewat Program Studi di Luar Domisili (PDD) diharapkan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) masyarakat Jawa Barat.

    Kampus IPB Sukabumi menempati lokasi Kampus Politeknik Sukabumi, Jalan Babakan Sirna No 27 Benteng Kota Sukabumi. Peresmian dilakukan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa (03/05/2016).

    - Advertisement -

    Gubernur yang akrab disapa Aher itu berharap, dengan dibukanya IPB Sukabumi akan semakin memperbesar daya tampung PTN yang ada di Jawa Barat.

    “Sehingga semakin banyak anak-anak SMA kita yang bisa ditampung sebagai mahasiswa,” terang Aher, melalui rilis yang diterima Kabar Kampus, Rabu (04/05/2016).

    Ke depan IPB Sukabumi juga betugas membina perguruan tinggi yang ada di Sukabumi. “Adanya kampus negeri juga sebagai kontrol atas kualitas kampus-kampus swasta. Jadi IPB Sukabumi jadi kontrol atas kampus yang ada di sekitarnya,” tambahnya.

    IPB Kampus Sukabumi selanjutnya akan menetap di Kampus STIKES Kota Sukabumi. Sedangkan Kampus STIKES akan dipindahkan ke lokasi lain. Pemprov Jabar akan menggelontorkan bantuan hingga Rp6 milyar untuk proses pembangunan STIKES di lokasi baru.

    Saat ini IPB Sukabumi memiliki lahan untuk pengembangan kampus seluas 11 hektar. Rencananya akan dikembangkan lagi hingga 20-an hektar. Pengembangan akan diintegrasikan dengan zona agrobisnis di Kota Sukabumi untuk praktek mahasiswa peternakan dan pertanian.

    IPB Sukabumi membuka empat program studi, yaitu Program Studi S-1 jurusan Agronomi dan Hortikultura, jurusan Ekonomi Pertanian, Sumberdaya dan Lingkungan.

    Penerimaan mahasiswa program sarjana IPB Sukabumi akan melalui jalur ujian mandiri atau Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI). UTMI adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.

    Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://utm.ipb.ac.id dan pendaftaran mulai tanggal 11 Mei – 9 Juni 2016.

    Selain itu, IPB Sukabumi juga menggelar Program Keahlian Diploma terdiri dari jurusan Teknologi dan Manajemen Ternak, jurusan Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya.

    Seleksi masuk program diploma IPB Sukabumi menggunakan jalur reguler melalui tes tertulis. Jadwal pendaftaran mulai tanggal 1-31 Juli 2016. Informasi selengkapnya bisa diakses di http://pmb.diploma.ipb.ac.id.

    Program Studi di Luar Domisili mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili. PDD dibuat untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah dalam mengenyam pendidikan tinggi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here