More

    Menristekdikti : Hardiknas Momentum Melakukan Refleksi di Bidang Pendidikan

    Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Universitas Muria Kudus, Senin (02/05/2016). FOTO : HUMAS UMK
    Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Universitas Muria Kudus, Senin (02/05/2016). FOTO : HUMAS UMK

    KUDUS, KabarKampus – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang jatuh pada tanggal 2 Mei, tidak hanya untuk menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara. Peringatan Hardiknas dapat menjadi momentum untuk melakukan refleksi di bidang pendidikan.

    Pernyataan tertulis Prof.Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dibacakan oleh DR. Suparnyo, Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) saat menjadi inspektur upacara bendera memperingati Hardiknas di Kampus UMK, Senin lalu (02/05/2016).

    ‘’Hardiknas diperingati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai. Namun, juga untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air.’’

    - Advertisement -

    Dalam sambutan tertulisnya bertema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”, Menristekdikti menyampaikan, dalam perjalanannya, Hardiknas menjadi tonggak untuk memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas bagi putra-putri bangsa, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang terampil, dan meningkatkan kapasitas penciptaan beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing industri, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

    ‘’Dalam bingkai pikir tersebut, ‘Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif’ merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi sebagaimana telah dimulai Bapak Pendidikan Nasional. Reformasi pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan pada saat ini, ketika kita menghadapi beragam tantangan luar biasa dalam skala lokal, nasional, maupun global,’’ ungkapnya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here