More

    Jika Laman SBMPTN Sibuk, Pengumuman SBMPTN Bisa Dilihat di Laman Kampus

    ENCEP SUKONTRA
    BANDUNG, KabarKampus-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 secara serentak diumumkan Selasa (28/6/2016) mulai pukul 14.00 WIB. Sebanyak 700 ribuan yang ikut SBMPTN bisa melihat hasil ujian SBMPTN di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id/.

    Namun laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id/ diperkirakan akan sibuk karena banyaknya peserta SBMPTN yang mengakses. Untuk mensiasatinya, panitia SBMPTN menyarankan agar membuka laman kampus atau Perguruan Tinggi Negeri tujuan.

    “Pengumuman hasil SBMPTN di beberapa laman PTN juga bisa dilihat,” kata Sekertaris Eksekutif 1 Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung SBMPTN 2016, Asep Gana Suganda, di Kompleks Gedung Rektorat ITB, Selasa (28/6/2016).

    - Advertisement -

    Ia menyebutkan, dari sekitar 700 ribuan peserta yang ikut ujian SBMPTN 2016, hanya sekitar 90 ribu peserta yang diterima di 78 PTN yang ada di Indonesia.

    “Jadi akses internet akan sibuk, 700 ribuan perserta akan mengakses pengumuman nasional ini,” katanya.

    Khusus untuk Panlok 34 Bandung, Bogor dan Banten, kata Asep Gana Suganda, pihaknya sudah mengirimkan softcopy ke media massa. Sehingga selain mengakses internet, peserta SBMPTN juga bisa melihat hasil pengumuman di media cetak maupun online.

    Panlok 34 Bandung membawahi lima PTN, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, dan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya.

    Cara melihat hasil pengumuman di laman SNMPTN cukup mudah. Peserta tinggal memasukan nomor peserta dan tempat tanggal lahir di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id/. Setelah itu, akan muncul nama peserta. Laman tersebut juga akan menginformasikan lulus tidaknya peserta.

    Peserta yang dinyatakan lulus harus mengetahui waktu pendaftaran ke masing-masing PTN tujuan. Informasi ini bisa didapat di laman masing-masing PTN. Misalnya ITB, bisa dilihat di laman http://sbmptn.itb.ac.id.

    Sebelum melakukan pendaftaran, peserta yang lulus SBMPTN ITB harus mengisi Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2016 di laman http://pmb.akademik.itb.ac.id. Pendaftaran sendiri akan dibuka mulai 2 sampai 5 Agustus 2016. ITB sendiri tahun ini menerima 1.678 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dan 2.308 melalui jalur SNMPTN.

    Sementara Humas Unpad Soni A Nulhaqim mengatakan, pengumuman SBMPTN Unpad bisa diakses di http://pengumuman.unpad.ac.id/.

    “Tahun ini Unpad kembali menjadi PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak di Indonesia yakni 93.046 orang serta jumlah yang diterima 3.552 orang,” kata Soni.

    Peserta yang lolos ke Unpad, tambah dia, harus mengisi biodata online pada laman http://pengumuman.unpad.ac.id/

    Untuk peserta SBMPTN wilayah Bandung, Bogor, dan Banten juga bisa melihat pengumuman SBMPTN 2016 di http://kabarkampus.com/2016/06/inilah-daftar-lengkap-peserta-lulus-sbmptn-2016/ []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here