More

    Mahasiswa UNM Latih Anak Panti Asuhan Ternak Lele

    Mahasiswa UNM kenalkan budibadaya lele kepada santri panti asuhan.
    Mahasiswa UNM kenalkan budibadaya lele kepada santri panti asuhan.

    PAREPARE, KabarKampus – Mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan “Santripreneurship Land” di Panti Asuhan Al-Birru, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa, (14/06/2016). Kegiatan ini merupakan Follow Up dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

    Santripreneurship Land mengusung Pemberdayaan Anak Panti Asuhan Terpadu Melalui Budidaya Ikan Lele Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau,Sipakainge’ dan Sipakamase”. Dalam kegiatan ini para mahasiswa melatih anak Panti Asuhan membudidayakan ikan Lele .

    Kegiatan Santripreneur Land telah dilaksanakan selama empat hari. Setelah pelatihan para santri bisa menghasilnya ikan lele yang siap jual dimasyarakat.

    - Advertisement -

    “Sekitar tiga minggu lagi ikan-ikan ini siap panen, ujar salah satu pengurus panti asuhan Al Birru”

    Kegiatan yang memperoleh dana hibah dari Kemenristek Dikti nantinya akan membentuk sebuah home industry di Panti Asuhan Al Birru. Para mahasiswa berharap melalui usaha budidaya ikan lele ini mahasiswa UNM menanamkan nilai-nilai saling berbagi antar anak panti asuhan.

    Kemudian, hasil yang diperoleh dari usaha budidaya ini akan kembali ke panti asuhan. Sehingga hasil budidaya ini manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh elemen panti asuhan Al Birru.

    “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus Panti Asuhan Al – Birru karena telah mengizinkan kami melaksanakan kegiatan pengabdian di tempat ini,” ujar Firman Pranoto selaku ketua tim.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here