More

    Mahasiswa Australia Belajar Tentang Islam di UII

    Mahasiswa Australia belajar tentang Islam di UII. Dok. UII
    Mahasiswa Australia belajar tentang Islam di UII. Dok. UII

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Keunikan masyarakat Indonesia dalam mempraketekkan ajaran agama Islam di kehidupan sehari-hari menjadi perhatian sekelompok mahasiswa Flinders University, Australia. Mereka sengaja tinggal beberapa waktu di Yogyakarta dan berkunjung ke kampus UII guna mempelajari Islam lebih dekat.

    Para mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang tengah mengikuti program Understanding Islam in Indonesia yang diinisiasi oleh Flinders University bekerjasama dengan UII. Mereka hadir dalam acara penyambutan program Understanding Islam in Indonesia yang berlangsung di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Kamis (14/07/2016).

    Setidaknya 13 mahasiswa Australia yang ikut dalam program ini. Mereka mendapat kesempatan untuk mempelajari aspek-aspek unik dari masyarakat Muslim di Indonesia, mulai dari aspek budaya, ekonomi, sosial, dan politik.

    - Advertisement -

    Pemahaman itu disampaikan oleh para dosen senior UII dan para pakar di bidangnya. Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk memiliki pengalaman bekerja dan melihat secara langsung aktifitas di institusi-institusi Islam, seperti bank syariah, sekolah Islam terpadu, dan kantor media.

    Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc, Rektor UII menyambut baik kedatangan para mahasiswa Flinders University, Australia untuk belajar Islam. Menurutnya, di era keterbukaan seperti sekarang, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman lintas komunitas. Terlebih Indonesia dan Australia adalah tetangga dekat sehingga peningkatan pemahaman lintas budaya akan membawa dampak positif bagi hubungan kedua negara.

    “Australia adalah rumah bagi setidaknya 500 ribu warga Muslim dan sekitar 40%-nya merupakan generasi yang lahir di sana. Saya kira di sini Australia memiliki posisi penting sebagai jembatan Islam dan Barat”, tuturnya.

    Selain itu, Rektor juga menggarisbawahi bahaya ekstremisme agama yang terus mengancam kedamaian dan keharmonisan hubungan di kedua negara. Sebagai komunitas akademik, universitas memiliki peran untuk melawan hal itu, salah satunya melalui peningkatan aktifitas lintas budaya dan agama.

    Sementara itu, Dr. Priyambudi Sulistiyanto, Koordinator Program dari Flinders University  mengungkapkan, kesempatan untuk melihat secara langsung kehidupan budaya Islam di Indonesia sangat berharga bagi para mahasiswanya. Hal ini karena pandangan media mainstream di Australia tidak selalu sama dengan persepsi masyarakat Indonesia tentang Islam.

    “Oleh karena itu, lewat program ini ia berharap para mahasiswanya dapat menimba pengalaman sebanyak-banyaknya tentang aspek budaya dan agama masyarakat Indonesia,” kata Dr. Priyambudi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here