More

    Maba UNY, Namanya Satu Huruf, Tapi Semangatnya Panjang

    Y bersama kedua orang tuanya. Dok. UNY
    Y bersama kedua orang tuanya. Dok. UNY

    Nama mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang satu ini cukup unik, hanya satu huruf yaitu “Y”. Tapi semangat yang ia miliki tidak sependek namanya. Setelah beberapa kali mencoba seleksi masuk UNY, akhirnya ia diterim pada Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik UNY tahun ajaran 2016/2017.

    Y adalah lulusan SMKN 2 Yogyakarta. Tahun lalu, saat mendaftar tes masuk UNY, nama Y memang sempat membuat heboh civitas akademika UNY, lantaran nama uniknya. Namun sayangnyanya ia tidak lolos seleksi.

    Gadis kelahiran Yogyakarta 7 Desember 1997 ini bercerita, perjuangannya diterima di UNY harus melalui jalan berliku. Ia telah gagal dua kali menembus UNY melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kemudian baru berhasil diterima di UNY melalui seleksi mandiri.

    - Advertisement -

    “Saat pengumuman seleksi mandiri UNY Sabtu 30 Juni lalu, saya tidak melihatnya karena sudah pesimis duluan” kata Y.

    Namun, teman dekatnya ketika itu, memberitahu dirinya diterima di UNY. Baru kemudian Ayahnya mengecek lewat koran.

    Y menuturkan, untuk mengisi kesibukan setelah lulus sekolah, ia bekerja di salah satu swalayan di Yogyakarta. Ia mengaku, sambil bekerja, ia tetap mempersiapkan waktu belajar sebagai persiapan tes masuk UNY. Jika bekerja shift siang maka dia belajar pada pagi harinya dan begitu pula sebaliknya.

    Y adalah anak kedua pasangan Slamet Sugiyono dan Parjiyem. Keduanya berprofesi sebagai penjual kudapan.

    Slamet mengatakan, sejak SD hingga SMK, Y memang telah menunjukkan prestasi. Ia selalu masuk ranking 10 besar. Kemudian selepas lulus SMK, keinginannya untuk kuliah di UNY sangat besar, sehingga ia menempuh semua jalur untuk bisa diterima di UNY.

    Selanjutnya, kedua orang tua Y berharap, putrinya dapat memperoleh beasiswa bidikmisi, karena saat duduk di SMK telah mendapatkan akses bidikmisi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here