More

    Mahasiswi UGM Kibarkan Merah Putih di Pegunungan Salju India

    Empat mahasiswi UGM kibarkan bendera merah putih di salah satu Puncak Gunung Himalaya. Dok. UGM
    Empat mahasiswi UGM kibarkan bendera merah putih di salah satu Puncak Gunung Himalaya. Dok. UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Empat mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Stok Kangri India. Pengibaran bendera merah putih di pegunungan es tersebut bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus  2016.

    Para mahasiswa tersebut adalah Dita Novita Sari (Fakultas Psikologi), Eva Lutviatur Rohmah Ningsih (FISIPOL), Ria Verentiuli (Fakultas Ilmu Budaya), dan Chordya Iswanti (Fakultas Pertanian). Keempatnya merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam UGM (Mapagama) dan tergabung dalam UGM International Expedition III “Peak of The Ancestor” Mapagama.

    Puncak Gunung Stok Kangri India merupakan salah satu Puncak Himalaya. Gunung ini memiliki ketinggian 6.153.

    - Advertisement -

    anggota unit kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama) berhasil mendaki salah satu puncak Himalaya yaitu Gunung Stok Kangri, India yang berada di ketinggian 6.153. Mereka berhasil mengibarkan bendera merah putih tepat di puncak Stok Kangri bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2016, pukul 10.46 waktu setempat atau pukul 12.14 WIB.

    Mereka adalah Dita Novita Sari (Fakultas Psikologi), Eva Lutviatur Rohmah Ningsih (FISIPOL), Ria Verentiuli (Fakultas Ilmu Budaya), dan Chordya Iswanti (Fakultas Pertanian). Keempatnya tergabung dalam UGM International Expedition III “Peak of The Ancestor” Mapagama.

    Rizal Fahmi Priyono, Koordinator UGM International Expedition III mengatakan, keempat Srikandi Mapagama UGM tersebut telah memulai pendakian sejak 13 Agustus 2016 lalu. Pendakian dilakukan melalui Desa Zingchen yang berada pada ketinggian 3.360 mdpl.

    “Setiap hari mereka melakukan perjalanan sekitar delapan jam menyusuri punggung-punggung dingin Himalaya,” katanya.

    Tim Mapagama berhasil mencapai basecamp Stok Kanggri di ketinggian 5.100 mdpl pada 16 Agustus pukul 23.00 waktu setempat. Selanjutnya, mereka melakukan persiapan pendakian ke puncak atau summit attack menembus dinginnya malam di Himalaya.

    “Mereka mencapai puncak pukul 10.46 waktu setempat dan langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya,” jelasnya.

    Rizal mengaku bangga atas keberhasilan tim Mapagama dalam ekspedisi penaklukan Gunung Stok Kangri ini. Pencapaian ini tidak lepas dari latihan intensif yang dilakukan sejak dua tahun silam.

    “Senang dan bangga, empat Srikandi Mapagama berhasil menggapai salah satu puncak tertinggi di pegunungan Himalaya. Ini menunjukkan bahwa wanita tidak lemah dan mereka menyimpan semangat Cut Nyak Dien, Tri Bhuana Tungga Dewi, Christina Martha Tiahahu, Nyi Ageng Serang, dan Kartini,” urainya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here