More

    Terpental di Ajang Pimnas 2016, Unhas Geser ITS di Webometrics

    Dwia Aries Tina Pulubuhu , Rektor Unhas meninjau beberapa lokasi ujian SBMPTN di Makassar. Dok Unhas
    Ilustrasi / Dwia Aries Tina Pulubuhu , Rektor Unhas meninjau beberapa lokasi ujian SBMPTN di Makassar. Dok Unhas

    MAKASSAR, KabarKampus – Tak masuk 15 besar di ajang Pimnas ke 29 di Bogor, membuat Unhas banyak dikritik sejumlah pihak. Prestasi mahasiswa Unhas dianggap merosot, bahkan di ajang Pimnas tersebut prestasi Unhas di bawah Universitas Muslim Indonesia yang bertengger di urutan 11.

    Namun Unhas menyangkal prestasi kampus yang terletak di Indonesia Timur tersebut tambah merosot. Hal ini dibuktikan dengan naiknya peringkat Unhas dalam pemeringkatan webometrics 2016.

    Dari pemeringkatan yang dirilis webometrics pada bulan Juli 2016, peringkat Unhas naik dari urutan 12 pada data webometrics Januari 2016 menjadi urutan 11 pada Juli 2016. Unhas menggeser ITS Surabaya satu peringkat. Sementara bila dilihat pemeringkatan webometrics pada Juli 2015 hingga Juli 2015, pemeringkatan Unhas melonjak naik delapan poin, dari urutan 19 menjadi ke-11.

    - Advertisement -

    “Artinya, dalam setahun ini, pada pemeringkatan webometriks kita naik 8 peringkat yang tentu menggeser perguruan tinggi berperforma baik juga di negeri ini. Rilis terakhir webo itu, kita menggeser ITS yang turun di urutan ke-12,” jelas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA Rektor Unhas menanggapi komentar kritik terhadap prestasi Unhas.

    Dwia menjelaskan, webometrics adalah salah satu tolak ukur untuk melihat kinerja perguruan tinggi yang banyak diacu saat ini. Perangkingan ini merupakan gambaran kinerja nyata dari sebuah perguruan tinggi.

    “Indikator-indikator yang digunakan oleh Webometrics itu ketat. Misalnya, untuk indikator Excellence Rank, itu disusun berdasarkan pada jumlah artikel karya dosen yang terindeks pada Scopus, Scimago dan Google Scholar. Jadi ini bukan main-main,” papar Rektor Unhas.

    Sementara itu, menurutt Dwia, untuk kategori Excellence Rank, Unhas menempati posisi enam nasional, mengungguli Universitas Padjadjaran (7), Universitas Brawijaya (10), Universitas Airlangga (14), dan Institute Teknologi Surabaya (17). Bahkan bila dibandingkan dengan perguruan tinggi di Indonesia Timur lainnya yang dirilis webometriks baru-baru ini Unhas berada diposisi nomor satu.

    Dwia menyebutkan beberapa PT lainnya, seperti Universitas Sam Ratulangi diurutan 41, Univ. Pattimura (53), Univ. Negeri Makassar (64), Univ. Mulawarman (88), Univ. Haluoleo (162), UMI di 210, dan Universitas Bosowa di 385.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here