More

    Masih Usia Muda, Atlet Catur Perempuan Jabar Peroleh Emas

    ENCEP SUKONTRA

    Atlet catur perempuan Kontingen Jabar raih emas PON XIX...
    Atlet catur perempuan Kontingen Jabar raih emas PON XIX…

    BANDUNG, KabarKampus-Atlet catur perempuan dari Kontingen PON Jawa Barat (Jabar) memiliki peran cemerlang. Usia mereka masih muda-muda dan berhasil merebut medali emas.

    Prestasi para atlet catur perempuan Kontingen PON Jabar itu mendapat pujian dari anggota dewan kehormatan Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Jabar, M Ridlo Eisy.

    - Advertisement -

    “Atlet catur perempuan menjadi fenomena tersendiri di PON ini. Mereka luar biasa, dapat emas juga,” kata M Ridlo Eisy kepada Kabar Kampus, di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Bandung, Minggu (18/09/2016).

    Para perempuan peraih emas tersebut antara lain pecatur papan atas Indonesia WGM Irene Kharisma Sukandar yang bertanding di kategori catur cepat. Selain itu, masih ada atlet catur cepat beregu putri Jabar yang juga meraih emas.

    Usia para pecatur perempuan kontingen Jabar muda-muda. Menurut M Ridlo Eisy, selain Irene Kharisma Sukandar, banyak atlet catur perempuan yang masih SMA dan mahasiswi semester awal. Mereka adalah Dewi AA Citra yang masih kuliah di kampus Guna Dharma.

    “Khususnya perempuan, ada kebanyakan kelas SMA semua, ada yang kelas satu sampai kelas tiga SMA,” kata mantan anggota Dewan Pers ini.

    Para atlet catur tersebut adalah Dita Karenza WFM (peserta Catur Standar ASEAN+ Age Group/AAG 2016 untuk U-20), Diajeng Tresna Singgih (Juara dua World School Chess Champions 2013 untuk kelompok usia U-9).

    Yang lainnya adalah Vania Vindy Chandra (peserta Catur Standar AAG 2016 untuk U-16), Rida Mutiani (atlet muda yang lolos seleksi PON dari Kabupaten Kuningan), Estheria Liana (atlet muda pernah mengikuti PON Riau).

    Vania Vindy Chandra dan Dita Karenza juga tercatat pernah mengikuti turnamen catur 2nd Chelyabinsk Region Governor’s Chess Cup Youth Team Tournament Cup of Russia di Satka, Chelyabinsk-Rusia pada 2011.

    Lebih lanjut M Ridlo Eisy mengatakan, mereka adalah bagian dari The Dream Team hasil binaan Percasi Jabar. “Anak muda yang sekarang menjadi pemain PON ini adalah bangunan dari The Dream Team delapan tahun lalu,” katanya.

    Sejauh ini atlet catur Jabar menjadi peraih emas terbanyak pada PON XIX/2016, yakni lima emas, diantaranya hasil GM Susanto Megaranto yang meraih emas pada kategori catur cepat. Total emas yang diperebutkan dalam cabang olahraga catur ini sebanyak 15 medali. Percasi Jabar mentargetkan meraih tujuh medali emas. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here