More

    Pendaki Dilarang Berada di Kaldera Gunung Rinjani

    17 08 2013 Segara Anak RinjaniLOMBOK, KabarKampus – Gunung Barujari atau yang dikenal dengan Anak Gunung Rinjani mengeluarkan letusan abu vulkanik setinggi 2000 meter dari puncak Gunung Barujari, pada hari Selasa, (27/09/2016), pukul 14.45 WITA. Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya, maka PVMBG menaikkan status Gunung Rinjani dari Normal Aktif (level I) menjadi Waspada (level II) terhitung mulai 27/9/2016 pukul 15.00 WITA.

    Atas kondisi tersebut, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat atau para pendaki Gunung Rinjani tidak diperkenankan beraktivitas atau berada di dalam Kaldera Gunung Rinjani dalam radius 3 km dari kawah Anak Gunung Rinjani. Dengan adanya rekomendasi tersebut, maka semua pendaki harus keluar.

    Pasca letusan kemarin, kondisi Bandara Internasional Lombok tetap normal. Abu vulkanik tipis menyebar ke banyak tempat karena angin cukup kencang. Selanjutnya pemantauan secara intensif terus dilakuka  guna mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Rinjani.

    - Advertisement -

    Setiap harinya ratusan orang berada di Gunung Rinjani. Saat Gunung Rinjani ditetapkan status waspada pada pada 25/10/2015 lalu, petugas telah mengevakuasi paksa 1.113 orang wisatawan keluar dari zona berbahaya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here