More

    UI Film Festival 2016

    Buat kamu pecinta dunia film, tahun ini UKM Sinematografi UI kembali menggelar Universitas Indonesia Film Festival (UIFF) 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI, Depok, 20-23 September 2016. Festival film yang digelar sejak 2014 ini mengusung tema “Apresiasi Kebebasan Berekspresi Mahasiswa Melalui Sinema”.

    UIFF dapat menjadi wadah apresiasi bagi para sineas muda yang dihadirkan di dalam ruang pemutaran alternatif, menambah wawasan mengenai produksi film indie, dan memberi kesegaran tontonan dengan memutar film-film negara tetangga di kawasan ASEAN yang dapat menjadi sambutan terhadap Masyarakat Ekonomi ASEAN.

    Adapun rangkaian acara UI Film Festival 2016 terdiri dari Opening Ceremony, Pemutaran Shorties A & B, Diskusi Mahasiswa Bicara Film, Mosean Picture, Sinema Kaki Lima, Program Diskusi Kanan Kiri, Oke!, Pemutaran Film Kompetisi, Special Screening, dan Closing Ceremony.

    - Advertisement -

    Pemutaran Shorties A & B
    Program ini adalah kompilasi film pendek produksi para filmmaker muda pada tahun 2015-2016. Film-film pendek yang akan ditayangkan memiliki genre yang bervariasi sehingga dapat menyegarkan mata penonton.

    Terdapat pula total 10 film yang akan ditayangkan dalam program ini. Dengan rincian 5 film dalam Shorties A dan sisanya dalam Shorties B. Program ini akan berlangsung pada 21 dan 23 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi berbayar untuk umum.

    Diskusi Mahasiswa Bicara Film
    Melibatkan sejumlah mahasiswa penulis esai dengan berbagai perspketif mengenai film. Acara digelar 22 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi tertutup untuk umum.

    Mosean Picture
    Program ini adalah program kerja sama antara UIFF dengan Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) yang akan memutarkan 4 film karya para sineas dari Asia Tenggara. Program ini diharapkan dapat memberi kesegaran tontonan dengan memutar film-film negara tetangga di kawasan ASEAN.

    Program ini akan berlangsung pada 21 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

    Sinema Kaki Lima
    Program ini merupakan sebuah pemutaran film outdoor dengan konsep layar tancap. Acara ini pun akan dilengkapi dengan jajanan gerobak di sekitar lokasi bak layar tancap tempo dulu.

    Tujuan dari program ini adalah menghadirkan sebuah pemutaran film bergaya klasik dengan penuansaan tempo dulu dan wadah nostalgia bagi para penonton. Juga, UIFF bekerja sama dengan FLIK untuk menayangkan film lama Indonesia yang berjudul Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1985) karya Chaerul Umam.

    Acara ini akan berlangsung pada 21 September 2016 di Taman Lingkar Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

    Program Diskusi Kanan Kiri, Oke!
    Program ini merupakan ruang bicara terbuka untuk umum yang didahului dengan pemutaran film sebagai bahan diskusi. Program mengusung tema “Pergeseran Objek Sensor” dan terdapat pemutaran film dokumenter Potongan karya Chairun Nissa.

    Diskusi akan diisi oleh pihak dari Lembaga Sensor Film, sineas anti sensor, dan Chairun Nissa selaku pembuat film Potongan. Acara berlangsung pada 22 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

    Pemutaran Film Kompetisi
    Program ini adalah pemutaran film kompetisi dari peserta (kalangan mahasiswa) terpilih. Terdapat 176 film pendek yang diruncingkan melalui tahapan kurasi menjadi 14 film pendek finalis. Nanti, karya para finalis akan dikompetisikan untuk tiga penghargaan, yakni Film Terbaik, Film Favorit, dan Poster Favorit. Pemilihan Film Terbaik akan dinilai oleh Wregas Bhatuteja, Makbul Mubarak, dan Ninndi Raras. Adapun Film Favorit akan dinilai melalui vote oleh penonton dan Poster Favorit akan dinilai secara vote juga, namun menggunakan media sosial UI Film Festival sebagai sarana pemilihannya.

    Program ini akan dibagi ke dalam tiga sesi, yakni sesi 1 (20 September 2016), sesi 2 (22 September 2016), dan sesi 3 (23 September 2016). Juga, program ini akan diadakan di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

    Closing Ceremony
    Pengumuman pemenang kompetisi film pendek berlangsung pada 23 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI dengan kondisi tertutup untuk umum.

    PESAN TIKET SEKARANG
    Prosedur pemesan tiket dapat dilakukan dengan menghubungi narahubung Sartika (0852-8887-9811). Rekening UI Film Festival 2016; BNI, 0444787412 a.n. Deka Anggawira.

    Informasi UI Film Festival 2016 :
    sinematografi.ui.ac.id/uiff.php
    OA Line @mwi48540
    twitter.com/uifilmfestival
    instagram.com/uifilmfestival
    facebook.com/uiffestival

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here