More

    Underwater Robot Tel U Rebut Emas di WRG 2016

    Ilustrasi / Tel-U kembangkan Robot Underwater
    Ilustrasi / Tel-U kembangkan Robot Underwater

    BANDUNG, KabarKampus – Tim Robot Fakultas Ilmu Terapan Telkom University (FIT Tel-U) berhasil membawa medali emas dalam ajang World Robot Games (WRG) 2016 di Lembang Asri Resort Bandung, Rabu-Kamis (24 – 26 Agustus) lalu. Tim Tel-U berhasil mengharumkan nama Indonesia lewat kategori Underwater Robot.

    World Robot Games 2016 merupakan kompetisi robot internasional yang digelar setiap tahun. Perhelatan kali ini merupakan yang kedua setelah digelar tahun lalu dengan tema

    Disaster Recovery, Search & Rescue, WRG 2016.

    - Advertisement -

    WRG 2016 terdiri dari beberapa kategori yaitu, Sumo Robot, Line tracing, Fire Fighting, Underwater Robot, Search & Rescue, and Innovative yang diperuntukkan bagi kelas kelas Junior, Senior dan profesional. Acara ini diikuti oleh lima negara di ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Philippines, Singapore, dan Vietnam. Indonesia sendiri menurunkan sekitar 500 peserta salah satunya adalah Tim Robotic SAS Tel-U untuk tingkat Senior.

    Tim robotic SAS FIT Tel-U peraih emas untuk kategori underwater robot terdiri dari Ryan Febriansyah (D3 Teknik Telekomunikasi) dan Megatari Wahyu Ningrum Handani (D3 Teknik Komputer).

    Menurut Ryan, robot yang mereka dibuat bekerja seperti kapal selam. Robot bekerja dengan memindahkan benda di bawah air dari satu titik ke titik yang lain.

    “Jadi saat lomba diberikan aquarium berbentuk L, dan kita diminta memindahkan benda dari satu titik ke titik yang lain dengan beberapa rintangan dalam waktu yang telah ditentukan,” ucap Ryan saat ditemui di gedung FIT, Rabu (31/8).

    Setelah berhasil mengatasi berbagai rintangan, akhirnya tim Tel-U berhasil meraih Juara ke-1. Sementara juara dua diraih tim Indonesia dan juara ketiga diraih tim Thailand.

    “Saya bangga bisa naik podium bawa nama Tel-U dan lebih-lebih bisa bawa nama Indonesia,” katanya.

    1. Ikhsan Sani, S.T, MT, dosen sekaligus pembina tim robotic SAS mengatakan, robot mereka sudah dibuat sejak 2011 lalu. Robot ini sudah banyak mengikuti kompetisi baik nasional ataupun Internasional.

    “Melalui pengalamannya dan pengembangan terus akhirnya robot ini berhasil meraih mendali emas tingkat internasional” ucap Ikhsan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here