More

    Festival de France FIB UI 2016 Usung Tema “Pesta Bohémian”

    17-10-2016-prancis-festMahasiswa Program Studi Prancis FIB Universitas Indonesia mempersembahkan FestiFrance atau Festival de France 2016. Festival yang telah menginjak tahun keenam ini sebuah festival kebudayaan yang menghadirkan memiliki berbagai kebudayaan negara Prancis yang terangkai dalam acara berdurasi dua hingga tiga hari.

    FestiFrance terdiri dari lomba cerdas cermat, membaca berita, dan bernyanyi dalam bahasa Prancis, workshop make up, pemutaran dan diskusi film Prancis, f&b bazaar, dan pada hari terakhir ditutup dengan penampilan musik dan fashion show dari berbagai tenant terkemuka.

    Pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa tenant yang telah bekerja sama dengan program fashion show FestiFrance antara lain adalah Tresseme, Clementine, Vero Moda, Camaïeu, Penshoppe, Gaudi, Vershe, Les Riches, Dominique Aubry, Gaudi, Alex[a]lexa, dan Hunting Fields. Sementara itu, untuk program penampilan musik, FestiFrance berhasil menghadirkan Danilla sebagai guest star utama pada tahun lalu.

    - Advertisement -

    Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “La Fête Bohémienne” atau pesta bertemakan bohémian. Walaupun gaya atau kebudayaan bohémian secara umum sudah ramah di telinga masyarakat Indonesia, tetapi tidak semua orang tahu bahwa gerakan Bohémian lahir pertama kali di Prancis. Bohémian merupakan satu dari sekian banyak gerakan seni dan sastra yang muncul di Prancis yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

    Semangat kreativitas dalam karya-karya para seniman Bohémian inilah yang menjadi inspirasi penyelenggaraan kegiatan FestiFrance tahun ini. FestiFrance di usianya yang keenam ini, mencoba untuk menampilkan sisi negara Prancis sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia melalui seni dan sastra yang dibawa oleh gerakan kaum Bohémian.

    FestiFrance tidak hanya hanya menyelenggarakan kegiatan berbasis kompetisi budaya dan hiburan semata. FestiFrance tahun ini mengadakan kegiatan charity atau berbagi kebahagiaan melalui acara amal untuk para murid di Sekolah Anak Jalanan (SAJA). Di samping memberikan bantuan dana, program charity yang mengangkat tema Joie de Vivre pour Tous atau ‘kebahagiaan adalah milik semua orang’ ini juga akan mengajak para anak didik SAJA untuk mengembangkan kreativitasnya melalui kegiatan pengolahan limbah menjadi barang berguna.

    Selain itu, para anak didik SAJA juga akan mendapatkan kesempatan menampilkan permainan angklung di panggung FestiFrance untuk berbagi kebahagiaan kepada para pengunjung. Hal ini sesuai dengan tema FestiFrance tahun ini yang ingin mengangkat semangat para bohémiens melalui kreativitas mereka dalam berkarya.

    Dengan diketuai oleh Mufid Fadhilah Anggitasari, acara ini diharapkan dapat diterima oleh masyarakat luas, tidak hanya mahasiswa/i Fakultas Ilmu Pengathuan Budaya Universitas Indonesia, melainkan untuk masyarakat umum. Diharapkan pula FestiFrance ke-6 ini dapat meraih sukses yang lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here