More

    #PemudaTanpaPlastik, Gerakan Perubahan Dari Yogyakarta

    Penulis : Gita Novia Putri, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

    Salah satu unggahan foto dalam kampanye "PemudaTanpaPlastik di Twitter
    Salah satu unggahan foto dalam kampanye “PemudaTanpaPlastik di Twitter

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Perhumas Muda Yogyakarta memiliki cara tersendiri untuk menyambut Peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2016. Mereka menyambutnya dengan kampanye #PemudaTanpaPlastik.

    Kampanye ini telah dimulai sejak 15 Oktober 2016 lalu melalui akun official instagram dan twitter Perhumas Muda Yogyakarta. Kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia khususnya pemuda agar mampu membagi sedikit perhatian kepada permasalahan sampah plastik yang dialami oleh Indonesia melalui foto-foto dan caption persuasif.

    - Advertisement -

    Affan Arsyad, selaku koordinator peringatan Hari  Sumpah Pemuda, #PemudaTanpaPlastik mengatakan, PERHUMAS Muda Yogyakarta dalam kampanye #PemudaTanpaPlastik ingin mengajak para pengguna media sosial khususnya Instagram dan twitter untuk turut peduli dengan kondisi lingkungan di Indonesia. Caranya adalah dengan memposting foto-foto yang menunjukan aktivitas menggunakan kantong ramah lingkungan sebagai pengganti kantong plastik.

    “Kemudian menceritakan pengalaman ataupun berpendapat pada caption mereka mengenai kondisi lingkungan Indonesia dengan adanya sampah plastik. Harapannya setelah ini akan turut tumbuh tanggung jawab sosial secara nyata pada pemuda yang telah berpartisipasi,” kata Affan, Jumat, (28/10/2016).

    Menurut Affan, puncak kampanye ini mereka gelar pada tanggal 28 Oktober 2016. Pada tanggal yang bertepatan Hari Sumpah Pemuda tersebut, mereka  membuat kampanye media sosial twitter secara lebih persuasif. Kampanye tersebut mengajak pemuda untuk menjadi #PemudaTanpaPlastik demi Indonesia yang lebih baik.

    “#PemudatanpaPlastik juga sempat menduduki urutan ke tiga pada Trending Topic Indonesia,” ungkapnya.

    Selain itu, PERHUMAS Muda Yogyakarta juga membuat sebuah videografis yang di posting pada akun Instagram PERHUMAS Muda Yogyakarta. Dalam videografis tersebut para pemuda dengan semangat yang baru kembali mengikrakkan Sumpah Pemuda.

    “Videografis tersebut juga berisikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisispasi dalam kampanye #PemudaTanpaPlastik, serta informasi bahwa kampanye #PemudaTanpaPlastik tidak berhenti dan akan terus berlanjut,” jelasnya.

    Affan berharap, pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, para pemuda dapat menjadi agen perubahan dengan aksi nyata yang akan membawa Indonesia keluar dari permasalahan-permasalahan yang ada seperti permasalahan sampah plastik di Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here