More

    Dosen Udinus Cetak Pengangguran Jadi Ahli Komputer

    Suasana pelatihan kelompok wirausaha putus sekolah kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati, Semarang.
    Suasana pelatihan kelompok wirausaha putus sekolah kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

    SEMARANG, KabarKampus – Dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) membentuk kelompok wirausaha jasa perbaikan dan jaringan komputer di Kelurahan Sukorejo dan Sekaran Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. Kelompok ini diikuti oleh anak putus sekolah dan pengangguran di kelurahan tersebut.

    Program pembadian masyarakat ini dijalankan oleh MY. Teguh Sulistyono M.Kom dan Wellia Shinta Sari M.Kom, Dosen Fakultas Ilmu Komputer serta Ira Septriana SE, M.Si Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus. Ketiganya memulai program tersebut sejak Juni 2016 lalu dan sengaja memilih tempat di wilayah kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) agar mudah memasarkan jasanya.

    “Mayoritas daerah sana adalah pengguna laptop dan komputer. Jadi lokasinya sangat pas” ungkap Teguh.

    - Advertisement -

    Adapun pelatihan yang diberikan tim dosen Udinus berupa pelatihan instalasi jaringan komputer, operasi software, reparasi atau perbaikan  hardware. Selain itu mereka juga diberikan pelatihan manajemen sumber daya keuangan agar bisa mengelola keuntungan yang nantinya diperoleh.

    “Saya harapkan pembentukan kelompok wirausaha di Sekarang dan Sukorejo ini bisa mengentaskan kemiskinan dan menurunkan angka kriminalitas bagi remaja yang putus sekolah dan pengangguran” pungkas Teguh.

    Sementara itu, Moechamad Saleh Kasi, Trantib Kelurahan Sekaran mengaku, sangat senang dengan adanya pelaihan dan pendampingan semacam ini untuk masyarakat. “Anak-anak jadi ada kesibukan tambahan yang bermanfaat” ujarnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here