More

    Lima Tips Hindari Razia Kendaraan Bermotor

    Ilustrasi Razia Polisi / Foto : Sayangi.com
    Ilustrasi Razia Polisi / Foto : Sayangi.com

    Kepolsian Republik Indonesia (POLRI) dari satuan Lalulintas telah memulai operasi dengan nama sandi Operasi Zebra yang dimulai sejak tanggal 16 hingga 29 November 2016. Razia kendaraan bermotor ini digelar mulai dari Pusat, Polda, Polres hingga Polsek.

    Bagi yang memiliki surat-surat kendaraan bermotor lengkap dan kondisi kendaraan yang juga lengkap dan baik tentunya tidak perlu khawatir dengan operasi ini. Namun bagi yang tidak memiliki STNK, SIM, STNK yang kadaluarsa, dan juga motor yang kurang baik akan merasa was-was.

    Nah bagi kamu yang tidak memiliki surat-surat lengkap mungkin kamu bisa mengikuti lima tips berikut ini agar terhindar dari razia kendaraan bermotor. Berikut adalah cara menghindari razia kendaraan bermotor :

    - Advertisement -

    Berangkat dan Pulang Pada Jam Kerja

    Razia kendaraan bermotor selalu dilakukan pada waktu-waktu seperti pukul 09.00 – 12.00, 13.00 – 15.00, 15.00 -17.00. Biasanya razia juga dilakukan pada malam hari menjelang tengah malam. Rasanya belum pernah ada razia kendaraan bermotor dilakukan pada jam pergi kerja yaitu di bawah pukul 09.00 atau jam pergi kerja dan pada jam pulang kerja di atas pukul 17.00. Nah di musim operasi zebra ini, kamu bisa memanfaatkan waktu pergi kerja dan pulang kerja pada waktu-waktu tersebut.

    Menghindari Jalan Utama

    Bila kamu tidak beraktivitas pada jam kerja kantoran dan harus mengendarai kendaraan bermotor pada jam-jam razia seperti di atas, kamu bisa memanfaatkan jalan-jalan kampung, atau atau bukan jalan utama. Tentunya untuk mengetahui jalan-jalan ini kamu bisa membuka maps atau peta jalan yang ada di kota kamu.

    Tapi bila ingin memahami lebih jelas titik-titik razia, kamu bisa pelajari di mbah google. Di sana kamu bisa menemui informasi titik lokasi biasanya razia digelar di kota kamu. Karena biasanya sebelum menggelar musim razia, polisi sudah mengumumkannya di media massa, lengkap dengan lokasi digelarnya razia.

    Berkendara Dengan Berlahan

    Ketika waktu berkendara tidak bisa diatur dan jalan kampung tak bisa dilalui, untuk menghindari razia yang bisa dilakukan adalah bekerkendara secara berlahan. Hal ini dilakukan, agar bisa mengantisipasi dari jauh bila ada razia di depan. Dengan mengetahui razia dari jauh, kamu bisa memutar arah atau berhenti jauh dari jangkauan polisi lalu lintas.

    Tetap Tenang dan Percaya Diri
    Bila sudah terlanjur bertemu dengan razia kendaraan bermotor yang bisa kamu lakukan adalah tenang dan percaya diri. Jangan coba-coba untuk menghindar atau berbalik arah. Bila sudah masuk area razia yang bisa dijangkau polisi, bisa-bisa kamu ditarik paksa polisi dan terjatuh. Dengan kondisi tenang dan percaya diri, kamu akan dianggap tidak memiliki masalah dengan surat-surat kendaraan bermotor. Motor kamu pun bisa lewat  dari razia.

    Cara Paling Ampuh

    Cara paling ampuh untuk menghindari razia polisi lalu lintas adalah memiliki surat-surat yang lengkap. Bila STNK kadaluarsa atau SIM habis segeralah diperbaharui. Begitu juga dengan knalpot terlalu berisik kamu ganti dengan yang standar.

    Bila semua sudah lengkap. Kamupun bisa mengendarai kendaraan dengan tenang. Dengan itu tatapan mata yang percaya diri, rasanya polisi pun malas untuk menilang kamu.

    Cara kelima ini adalah cara yang paling disarankan untuk menghindari polisi. Tak enak bukan, berkendara dengan perasaan was-was!

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here