More

    MSDC Unhas Kembali Pantau Terumbu Karang di Kepulauan Makassar

    Anggota MDSC Unhas berfoto bersama usai melakukan Reed Check di Kepulauan Makassar. Dok. MSDC Unhas.
    Anggota MDSC Unhas berfoto bersama usai melakukan Reed Check di Kepulauan Makassar. Dok. MSDC Unhas.

    MAKASSAR, KabarKampus – Mahasiswa Ilmu Kelautan khususnya Marine Science Diving Club (MSDC) kembali melakukan Reef Check atau pematauan terumbu karang di Kepulauan Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan tahunan ini digelar untuk mendapatkan data yang akurat tentang keadaan terumbu karang yang ada di kepulauan Makassar tersebut.

    Kegiatan Reef Check kali ini  mengusung tema “Dasar Lautku, Masihkah Kamu Dihiasi Terumbu Karang?” dan diikuti oleh sebanyak 25 anggota MSDC Unhas. Sejumlah pulau yang mereka pantau adalah Pulau Barrang Lompo, Pulau Barrang Caddi, dan Pulau Samalona.

    Para mahasiswa berangkat menggunakan Kapal Phinisi dan satu Speed Boat hasil kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Selama dua hari yaitu tanggal 26 -27 November 2016 mereka turun ke enam titik di tiga pulau untuk pengambilan data ikan, terumbu karang, dan bentos.

    - Advertisement -

    Para mahasiswa turun di titik pertama di Pulau Barrang Lompo dengan Salinitas 32 ppt dan suhu 34 derajat pada pukul 09:03 WITA. Selanjutnya pengambilan di titik kedua pada pukul 11:35 WWITA. Selain mendata di Pulau Barrang Caddi, para mahasiswa juga  juga mengambil data di kedalaman 10 dan 3 meter dengan salinitas 32 ppt dan suhu 33 º. Dilanjutkan pada keesokan harinya di dua pengambilan titik terakhir di Pulau Samalona.

    Selain melakukan pendataan, Pulau Samalona juga menjadi titik Island Cleaning, para anggota MSDC turun langsung membersihkan pulau tersebut. Sehingga secara tidak langsung dapat menyadarkan masyarakat untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

    “Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun, dan telah menjadi program kerja tahunan yang wajib dilakukan untuk mengetahui pentingnya menjaga lingkungan, apalagi lingkungan bawah laut” Ucap Sheryl Alprianti selaku ketua MSDC Unhas periode 2016/2017.

    Hangatnya angin malam di lautan lepas menjadi saksi bisu perjalanan para Anggota MSDC melakukan kewajibannya melakukan pemantauan terumbu karang di Pulau Barrang Lompo, Barrang Caddi dan Pulau Samalona.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here