More

    Sebanyak 20 Hasil Riset Mahasiswa Dipamerkan di ITS EXPO 2016

    Dr. Ir. I Made Sukarta CES, Kepala Dinas KUMKM sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka ITS EXPO 2016.
    Dr. Ir. I Made Sukarta CES, Kepala Dinas KUMKM sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka ITS EXPO 2016.

    SURABAYA, KabarKampus – Tak kurang dari dua puluh karya mahasiswa ITS di bidang pendidikan dan teknologi hadir di ITS EXPO 2016 di di Grha Sepuluh Nopember Surabaya dari tanggal 16 hingga 19 November 2016. Acara yang mengusung tema  Ekspresi Optimisme ini turut mengenalkan karya-karya mahasiswa ITS yang sudah sering terlibat dalam kompetisi internasional.

    Pengenalan hasil riset dan karya ini bertujuan untuk menumbuhkan optimisme di kalangan masayarakat dari banyaknya tantangan di berbagai sektor. Dua puluh karya yang dipamerkan diantaranya Sapuangin XI, Lowo Ireng, robot pemadam api otomatis Al Jazari, Nogogeni, Batharasurya Solar Boat, Barunastra RoboBoat, mesin penyayat bambu otomatis, rencana Stadion Indonesia 2026 dan lain-lain.

    Darwin Setiyawan, Ketua Barunastra RoboBoat ITS mengatakan. Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki lautan dengan berbagai kekayaan alam. Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ini menegaskan, Indonesia membutuhkan armada yang banyak untuk menjaga seluruh kekayaan alam yang ada di lautan Indonesia.

    - Advertisement -

    “Barunastra RoboBoat adalah batu loncatan untuk menjaga kekayaan alam di laut berupa kapal energi listrik tanpa awak untuk masa yang akan datang.” ujar mahasiswa yang menjadi penggerak dari tim yang Juara 3 dalam ajang 2016 International RoboBoat Competition di Virginia, Amerika Serikat ini.

    Tak hanya dari Ketua Barunastra RoboBoat ITS, ketua Marine Solar Boat ITS juga angkat bicara mengenai urgensi perkembangan teknologi. Ginanjar Basuki yang akrab di panggil Gibas, mengatakan bahwa energi matahari merupakan sumber daya yang gratis dan tidak perlu di eksplorasi.

    “Marine Solar Boat Jalapatih II adalah bentuk pengukuhan eksistensi teknologi maritim Indonesia di kancah Internasional,” katanya.

    Selain menampilkan hasil riset mahasiswa-mahasiswa ITS, ITS EXPO 2016 juga mengadakan kompetisi di bidang teknologi berupa lomba robotika untuk menumbuhkan jiwa ahli teknologi. Lomba robotika tingkat nasional yang bernama “Robot in Action” ini adalah ajang untuk menguji kemampuan dan ketahanan robot amfibi rakitan siswa SMP dan SMA dengan total hadiah mencapai Rp. 11.000.000.

    ITS EXPO 2016 juga turut melestarikan budaya berupa memberikan pendidikan kebudayaan di “Sekolah Budaya”. Sekolah Budaya membentuk rasa optimisme dalam melestarikan kebudayaan berupa kerja sama dengan House of Angklung Surabaya untuk mendidik adik-adik di Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) dan Yayasan Pendidikan Anak-anak Cacat (YPAC) untuk melatih dalam bermain angklung hingga dapat tampil di Pre-Event ITS EXPO, Talkshow, dengan tema ”Innovative Idea for Better Indonesia” yang menghadirkan Andy F. Noya, Winston Utomo dan Faza Meonk pada 22 Oktober 2016.

    Dengan seluruh dedikasi di bidang perkembangan teknologi serta dukungan untuk memajukan pendidikan, ITS EXPO 2016 akan memperkuat eksistensinya dalam menumbuhkan rasa optimisme terhadap kemajuan teknologi di Indonesia. Seluruh karya dan hasil lomba ditampilkan selama ITS EXPO 2016 yang berlangsung pada tanggal 16-19 November 2016 di Grha Sepuluh Nopember ITS.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here