More

    Tim Eka Citra KMPA UNJ Peringati Sumpah Pemuda di Puncak Trikora

    Perjalanan Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda KMPA Eka Citra UNJ menjuju Puncak Trikora.
    Perjalanan Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda KMPA Eka Citra UNJ menjuju Puncak Trikora. Foto : Tim Ekspedisi

    PAPUA, KabarKampus – Tim Ekspedisi Sumpa Pemuda, KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil mencapai puncak Trikora, Wamena, Papua, Rabu, (02/11/2016). Keberhasilan Tim Eka Citra UNJ ini menjadi keberhasilan kedua di tanah Papua setelah sebelumnya lewat Indonesia Green Expedition, mereka menggapai puncak Carstensz Pyramid pada tahun 2012.

    Puncak Trikora atau biasa juga disebut Ettiakup dengan ketinggian 4,751 Mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala yang juga berada di papua.

    Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda terdiri dari lima mahasiswa yaitu Nugroho Adi Saputra (21), Basril A Yapi (22), Putra (20), Nurman Nugraha (20), dan Ronaldo Muda (22). Mereka menuju Puncak Trikora dari Camp 3 (Summit Camp) pada 2 Januari 2016 pada pukul 05.00 WIT dan tiba di Puncak pada pukul 12.30 WIT.

    - Advertisement -

    Nurman Nugraha mengatakan, saat perjalanan menuju puncak angin yang berhembus kencang, diiringi rintik gerimis dan dinginnya udara dengan suhu mencapai 3 derajat Celcius. Tapi tim terus melangkah, saling menyemangati dan berjuang bersama untuk mencapai keberhasilan ekspedisi ini.

    “Tentunya doa dan semangat dari keluarga besar di Jakarta sangat memotivasi kami.” ungkap Nurman, anggota

    Tim Ekspedsi Sumpah Pemuda KMPA Eka Citra berhasil mencapai Puncak Trikora.
    Tim Ekspedsi Sumpah Pemuda KMPA Eka Citra berhasil mencapai Puncak Trikora.

    tim pendaki.

    Sementara itu Nugroho, Ketua Pelaksana Ekspedisi mengaku, ekspedisi tidak hanya sekedar pendakian gunung. Namun, lebih dari itu, ekspedisi ini merupakan suatu bentuk pengabdian terhadap tanah air.

    “Para pemudanya berusaha mengisi dan mengkhayati nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam bentuk penjelajahan, bakti pendidikan dan kampanye lingkungan hidup sesuai dengan visi misi dari Ekspedisi Sumpah Pemuda itu sendiri,” ungkapnya.

    Keseluruhan rangkaian kegiatan Ekspedisi Sumpah Pemuda, KMPA Eka Citra, Universitas Negeri Jakarta akan diketengahkan dalam bentuk Seminar Hasil Ekspedisi pada Desember 2016 mendatang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here