More

    Komunitas Sepeda UGM Siap Jelajah Muria Merapi

    Dicky Dharmawan - Sepedaan Dibalik Kendaraan Umum
    Ilustrasi

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Komunitas Gadjah Mada Gowes (GamaGo) siap menggelar ekspedesi “Gowes Bersinegi Jelajah Muria – Merapi pada tanggal 16 – 18 Desember 2016. Kegiatan dalam rangka Dies Natalis UGM ini menempuh jarak 300 kilometer dengan rute Jepara menuju Yogyakarta.

    Dr. Hatma Suryatmojo, Ketua Panitia Gowes Bersinergi Jelajah Muria-Merapi mengatakan, rombongan Gowes akan berangkat dari Alun-alun Kota Jepara pada Jum’at pagi (16/12/2016). Mereka menempuh jalur Jepara-Pati-Kudus-Purwodadi-Solo-Yogyakarta dengan finish di Balairung UGM.

    “Gowes Jepara-Yogyakarta ini diikuti tidak kurang dari 70 peserta, meliputi  dosen, karyawan, dan alumni UGM. Rencananya Gubernur Ganjar Pranowo juga akan berpartisipasi dalam gowes kali ini,” ungkap Hatma.

    - Advertisement -

    Hatma menyampaikan kegiatan ini dibagi kedalam tiga etape, yakni etapae 1 Jepara-Kudus sejauh 115 Km, etape 2 Kudus-Solo sejauh 125 Km, dan etape 3 Solo-Yogyakarta sejauh 60 Km. Sementara itu, peserta Gowes juga akan dibagi dalam tiga kelompok besar berdasarkan kecepatan jelajah yaitu kecepatan tinggi rata-rata 28-34 Km/jam, kecepatan sedang rata-rata 23-28 Km/jam, serta kecepatan rendah rata-rata 19-23 Km/jam.

    Gowes Jelajah Muria-Merapi rencananya akan dilepas langsung oleh Plt. Bupati Jepara, Ikhwan Sudrajad, didampingi Ketua Panitia Dies Natalis UGM Ke-67, Prof.dr. Budi Mulyono, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Prof.Dr.Ir. Budi Wignyosukarto, Dip.HE., serta Ketua Kagama Jepara, Hery Kusnanto, S.T.

    “Perjalanan akan berakhir di halaman Balairung UGM dan disambut langsung oleh Rektor UGM yang nantinya akan mengalungkan medali bersepeda jarak jauh kepada seluruh peserta,” pungkasnya.

    Acara ini digelar oleh GamaGo bekerjasama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Jepara, Kagama Pati, Kagama Kudus, Kagama Sragen, serta Kagama Solo.  Selain untuk menyemarakkan agenda dies UGM juga sebagai bentuk kampanye UGM sebagai kampus pesepeda ke masyarakat luas, terutama di sepanjang jalur Jepara-Yogyakarta, sekaligus untuk menggugah semangat sinergi antar alumni.

    “Kegiatan ini lebih untuk memperkenalkan UGM kepada masyarakat yang dilalui rombongan bersepeda serta untuk menumbuh kembangkan semangat olah raga bersepeda di lingkungan UGM,” ungkap Hatma.

    Kegiatan bersepeda jarak jauh yang diikuti oleh civitas akademika UGM dan para alumninya ini telah dimulai sejak tahun 2013 silam. Pada tahun 2013 mengambil rute Surabaya-Yogyakarta dan di tahun 2014 dengan rute Bandung-Yogyakarta. Sedangkan pada tahun 2015 lalu mengambil rute Malang-Yogyakarta.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here