More

    Prodi KPI UMI Siapkan MC Handal

    Penulis : Inayah Medika Ekajaya

    Suasana pelatihan MC PAI UMI, Minggu, (04/12/2016).
    Suasana pelatihan MC KPI UMI, Minggu, (04/12/2016).

    MAKASSAR, KabarKampus – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah Fakultas Agama Islam (FAI)  Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Training Master Of Ceremony (MC) Di Aula Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, M.A (LPDKI UMI), Minggu, (04/12/2015). Kegiatan ini dikuti sebanyak 30 orang dari perwakilan setiap mahasiwa dakwah mulai dari angkatan 2013, 2014, 2015 serta 2016.

    Menurut Muh. Saleh, Ketua Panitia mengatakan, kegiatan training Master Of Ceremony (MC) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa dakwah dibidang MC. Baik itu MC yang sifatnya kegiatan  non formal atau formal dan kegiatan ini lebih banyak prakteknya dibanding dengan Teori.

    - Advertisement -

    “Kegiatan ini rencananya akan menjadi sebuah forum, didalamnya mahasiswa dakwah akan dilatih secara intens dan langsung praktik,” kata Saleh.

    Selanjutnya, kata Saleh,  dari forum ini mahasiswa diharapkan bisa menjadi MC khususnya MC kegiatan-kegiatan di kampus. Bila sudah siap maka mereka dipersiapkan untuk menjadi MC di masyarakat.

    Kegiatan Ini dibuka langsung oleh Dra. Hj. Andi Soraya Bugaib, M.A,  Wakil Dekan IV Fakultas Agama Islam UMI. Sementara yang bertindak sebagai Pemateri Ialah Dr. Nur Setiawati, M.Ag.

    Nur Setiawati dalam materinya menyampaikan sejumlah tips menjadi MC. Pertama mulailah dengan menyambut para hadirin, mengetahui hal apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang MC, berbicara dengan gaya bahasa luwes atau menarik sesuai situasi dan kondisi, memberikan kesan pertama yang menarik dari seluruh penampilan. Kemudian adalah memilih busana yang seras sikap elegant sesuai acara yang dipandu, menggunakan alat bantu komunikasi dengan benar dan luwes dan  melakukan berbagai strategi untuk menghidupkan suasana untuk mencegah kejenuhan.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here