More

    Ingin Masuk Unnes Lewat Jalur Prestasi? Ini Syaratnya!

    Mahasiswa Unnes juara dunia kejuaraan wushu. Dok. Unnes
    Mahasiswa Unnes juara dunia kejuaraan wushu. Dok. Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Negeri Semarang (Unnes) membukan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur. Ketiga jalur tersebut yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang diselenggarakan secara nasional dan penerimaan melalui jalur mandiri. Jalur mandiri diselenggarakan dalam dua mekanisme, yaitu seleksi mandiri jalur prestasi dan seleksi mandiri jalur tertulis.

    Berdasarkan pengumuman Nomor 24/UN37/DL/2017, Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum memberikan tiga syarat untuk calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi ini. Pertama, memiliki prestasi sebagai juara I, II, atau III (medali emas, perak, atau perunggu) minimal di tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, atau keagamaan selama menjadi siswa SMA/SMK/MA/sederajat.

    Kedua, memiliki prestasi sebagai juara I (medali emas) minimal di tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, atau keagamaan selama menjadi siswa SMA/SMK/MA/sederajat. Ketiga, mempunyai keahlian atau kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan surat keterangan atau sertifikat dari lembaga. Misalnya, hafidz Al-Quran 20 juz, penemu teknologi tepat guna, memiliki hak cipta, paten, dan lain sebagainya.

    - Advertisement -

    Namun tim seleksi memiliki ketentuan sendiri mengenai jenis kejuaraan yang diakui sebagai persyaratan untuk masuk melalui jalur prestasi ini. Ketentuan ini digunakan untuk memastikan bahwa prestasi tersebut benar adanya dan diakui oleh lembaga berwenang. Siswa yang memenuhi persyaratan tersebut tidak otomatis lolos. Peserta akan diwawancari oleh tim seleksi terdahulu.

    Seleksi mandiri jalur prestasi UNNES akan dibuka pada 1 Februari dan ditutup pada 1 April 2017. Para calon mahasiswa dapat mendaftar melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here