More

    PTS Terakreditasi A Hanya Ada di Pulau Jawa

    Para peserta mengisi data pribadinya di lembar jawaban Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 di kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (9/6). Seleksi di Kota Bandung ini diikuti oleh 41.887 peserta dengan pilihan favorit masuk ke Universitas Padjadjaran sebanyak 85.879 orang. FOTO :  [Adima]
    Ilustrasi
    JAKARTA, KabarKampus – Dari data yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi (BAN-PT) per 22 Januari 2017, sebanyak 49 Perguruan Tinggi terakreditasi A. Jumlah tersebut berasal dari sebanyak 4300 Perguruan Tinggi di Indonesia.

    Dari 49 Perguruan Tinggi, 15 berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Seluruh PTS terakreditas A tersebut berada di Pulau Jawa.

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Universitas Gunadarma, Jakarta, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika), Jakarta, Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Universitas Mercu Buana, Jakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka (Unhamka), Jakarta, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Universitas Surabaya, dan Telkom University.

    - Advertisement -

    Sementara itu untuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) hanya ada dua yaitu Akpol Semarang dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Jakarta. Sementara untuk Perguruan Tinggi Agama Islam terdapat tiga yang terakreditasi A yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

    Kemudian untuk Perguruan Tinggi Negeri terdapat 29 Perguruan Tinggi yang terakreditasi A. Diantaranya adalah UGM, ITB, IPB, UPI, Unsri, Unpad, UNY, Universitas Udayana, Universtas Syiah Kuala, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin dan Universitas Lampung.

    Dari 29 Perguruan Tinggi tersebut sebanyak 4 PTN terakreditas A berasal dari Pulau Sumatera, 1 dari Pulau Bali, 1 Pulau Sulawesi, dan sisanya berasal dari Pulau Jawa.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here