More

    Unila Turunkan Daya Tampung Mahasiswa Baru 2017

    Universitas Lampung.
    Universitas Lampung.

    LAMPUNG, KabarKampus – Universitas Lampung (Unila) menurunkan daya tampung penerimaan mahasiswa baru 2017/2018. Penurunan jumlah kursi untuk mahasiswa baru ini baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

    Sebelumnya Unila menerima sebanyak 5.205 mahasiswa baru, tahun ini turun menjadi 5000 kursi atau turun sebanyak 4 persen. Penurunan jumlah tersebut terdiri dari delapan Fakultas di Unila.

    “Hal ini kita inisiasi demi menjaga kualitas proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan ketersediaan sumberdaya. Hal itu juga mengingat Unila sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang terakreditasi A,” papar Prof. Bujang Rahman, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila saat menggelar konferensi pers di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

    - Advertisement -

    Ia menjelaskan, berdasarkan hasil panitia pusat SNMPTN-SBMPTN, diputuskan bahwa perguruan tinggi memiliki alokasi sebesar minimal 30% SNMPTN, minimal 30% SBMPTN, dan maksimal 30 % Mandiri. Untuk itu Unilamenyesuaikan daya tampung berdasarkan ketentuan tersebut dengan proporsi 30% SNMPTN, 45% SBMPTN, dan 25 % Mandiri.

    SNMPTN tahun ini dapat diikuti siswa SMA/SMK/MA atau sederajat termasuk SRI di luar negeri kelas terakhir pada tahun 2017 yang memenuhi persyaratan. Persyaratatan tersebut antara lain, memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah yakni akreditasi A 50%, akreditasi B 30%< akreditasi C 10%, dan belum terakreditasi sebesar 5% terbaik di sekolahnya.

    Pemeringkatan dilakukan oleh panitia pusat dengan proses seleksi 16 Maret-15 April 2017 dan pengumuman kelulusan pada 26 April 2017. Sementara pelaksanaan SNMPTN 2017 akan dilakukan serentak dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computers Based Training), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

    Pendaftaran online OBAT dan CBT dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Ujian tertulis dan keterampilan dilaksanakan Selasa, 16 Mei 2017. Hasil ujian akan diumumkan pada 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.[Inay]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here