More

    MUI Gelar Sekolah Islam Kebangsaan di UMK

    Dr 04 2017 Dr H Noor Ahmad, Sekretaris Dewan Kehormatan MUI Pusat.

    KUDUS, KabarKampus – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar Sekolah Islam Kebangsaan di Universitas Muria Kudus (UMK), Kudus, Sabtu (29/4/2017). Penyelenggaraan kegiatan yang menggandeng BEM UMK dan Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Kabupaten Kudus ini mengusung tema ‘’Merajut Islam Wasathiyah, Memperkuat Pancasila dan NKRI’’.

    Turut hadir dalam Sekolah Kebangsaan ini yaitu Dr. H. Noor Ahmad MA., Sekretaris Dewan Kehormatan MUI Pusat. Kemudian Dr. Rozihan M.Ag (pengurus wilayah Muhammadiyah Jateng), Dr. Subarkah SH. M.Hum (dosen Fakultas Hukum UMK), dan Joko Tri Haryanto M.Si (peneliti Balai Litbang Kemenag Semarang). Acara dibuka Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS.

    Noor Ahmad mengutarakan, Indonesia saat ini diterpa oleh berbagai ideologi, baik dari Barat maupun Timur. Namun Indonesia memilih Pancasila sebagai kalimatun sawa sebagai yang paling sesuai dan bisa diterima oleh semua kalangan.

    - Advertisement -

    ‘’Di luar itu, Pancasila juga memperhatikan keberagaman  yang ada,’’ ungkapnya di hadapan ratusan mahasiswa.

    Sementara itu, Rozihan dalam materinya berjudul ‘’Memahami Komunisme’’ mengutarakan, gerakan komunisme saat ini, tidak sama dengan dulu. Menurutnya, bangkitnya PKI saat ini melalui isu Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

    “Kalau dulu, melalui gerakan bersenjata dan kekerasan,” katanya.

    Sedang ciri-ciri komunisme, kata Rozihan yang gampang dipahami, yaitu ateis (tidak mengimani adanya Tuhan), kurang menghargai manusia sebagai individu, dan mengajarkan pertentangan kelas. ‘Selain itu, komunisme menghendaki revolusi terus menerus.

    Selanjutnya, Subarkah menambahkan, Indonesia merupakan negara plural dengan keyakinan yang beragam dianut rakyatnya. Enam agama resmi yang diakui Indonesia, yaitu Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha dan Kong Hu-Chu.

    ‘’Islam sendiri merupakan agama mayoritas di Indonesia. Kendati begitu, ekspresi sosio kultural dan politik kaum muslimin tidak pernah tunggal, tetapi sangat beragam. Indonesia adalah mozaik kepulauan, etnisitas, agama, serta budaya yang indah dan menawan keragaman itu terjaga dan terpelihara dengan baik,’’ paparnya.

    Sementara itu, di tengah-tengah kegiatan Sekolah Islam Kebangsaan itu, diisi pula dengan deklarasi Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Kabupaten Kudus, yang dipimpin oleh Sugiyono.

    Ada tiga poin penting yang dibacakan : MPPI bertekad membentengi dan mengawal Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika; Memperkuat visi Islam yang berkeindonesiaan, penuh rahmat, toleran, berkemajuan dan kerakyatan; dan Siap melanjutkan tugas keulamaan dengan memperkuat komitmen tafaqquh fi al-din.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here