More

    Sebanyak 17 Komunitas Teater Bandung Bakal “Bereaksi” di ISBI

    Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) menyelenggarakan Hari Teater Sedunia yang diselenggarakan di Kampus ISBI dari tanggal 4 hingga 6 April 2017. Dalam perhelatan ini KMT ISBI menggandeng berapa Komunitas dan UKM Teater se-Bandung

    Acara Hari Teater Sedunia sendiri, merupakan bentuk inisiatif KMT atas World Theatre Day yang diperingati setiap tanggal 27 Maret. Pada acara Hari Teater Sedunia kali ini, ada 17 Pertunjukan dari 17 Kelompok akan tampil di dua tempat masing-masing Gedung Kesenian Dewi Asri dan Teater Kebun, Kampus ISBI Bandung.

    Sejumlah kelompok yang bakal tampil yaitu Komunitas WAJIWA, Komunitas Teater Baraya, Teater CANDU, Keluarga Mahasiswa Teater ISBI Bandung, UKM Teater Topeng Maranatha, UKM Teater Ungu STBA, KSSI STKIP Siliwangi, UKM Teater Titik Tel-U, UKM Teater Tjerobong Paberik Politeknik STT Tekstil, GSSTF Unpad, Teater Djati Unpad, Forum Teater Kampus Bandung Sekitarnya, UKM Teater Mata Mawar, UKM Teater Lima Wajah Universitas Kebangsaan, UKM Teater Lakon UPI, UKM Teater Awal UIN-SGD Bandung, dan UKM Teater Pamass Unpad.

    - Advertisement -

    Seluruh pertunjukan akan membawakan tema “KITA BEREAKSI!”, sebuah tema yang diharap membawa gambaran bahwa teater hari Ini telah menjadi aktivitas yang menghasilkan presentasi-presentasi reaksi pelakunya, atas lingkungan sekitar maupun atas dirinya sendiri sebagai objek estetisnya.

    Acara Hari Teater Sedunia tahun ini, pun memiliki perbedaan dengan perayaannya sebelumnya di 2015. Ketika itu, Kelompok-kelopok Teater melakukan pertunjukan di seluruh panggung terbuka yang ada di ISBI Bandung. Dengan konsep parade, dan penggiringan penonton dari panggung-ke-panggung sebagai bagian dari pertunjukan juga, dan “Sejarah Teater dan Perkembangannya” sebagai tema yang diusung.

    Namun di tahun ini, satu panggung terbuka dan satu panggung gedung pertunjukan, dipilih sebagai gagasan bahwa eksistensi Teater di Bandung kini sudah sama-sama memiliki pecintanya, baik Teater di dalam sebuah gedung dengan kursi-kursinya yang sudah teratur, ataupun Teater di panggung terbuka dengan penonton yang boleh duduk tidak teratur dan diatur.

    Selain 17 Pertunjukan Teater, dalam acara Hari Teater Sedunia juga akan ada Sarasehan Teater yang membahas tema “Teater Tidak Selesai di Panggung” bersama Taufik Darwis dan Patuh Am sebagai pemantik diskusinya. Sarasehan Teater ini, akan ada pada hari terakhir yaitu hari Kamis, 6 April 2017, pada pukul 19.00 WIB di Gedung Kesenian Dewi Asri ISBI Bandung. Diharapkan, Sarasehan Teater ini dapat menjadi momen selangkah lebih dekat, mempertemukan gagasan seluruh pegiat teater; baik seniman, akademisi, pelaku teater sampai penonton teater dalam satu ruang sama.

    Acara Pembukaan akan diisi dengan Parade Teater di sekitar Buah Batu, kemudian di area acara juga akan ada Pameran Instalasi dan juga Video Screening: Theatre Now. Theatre Now merupakan sebuah video riset yang dikerjakan panitia berisi  dua konten. Konten pertama, adalah video wawancara beberapa public di dalam Teater dan kedua, adalah wawancara kepada 100 orang sebagai public yang ada di luar Teater. Bazaar makanan dan jajanan, juga akan meramaikan area acara selama tiga hari. Seluruh rangkaian acara Hari Teater Sedunia ini tidak dipungut biaya atau tiket masuk, seluruh acara yang dimulai pukul 14.00 WIB setiap harinya ini terbuka untuk umum. Seperti sub-tema yang digagas, bahwa Hari Teater Sedunia sebagai Ruang Interaksi anatara Komunitas, Seniman Teater, Pegiat Teater Bandung dalam satu helatan. Viva Hari Teater! Bravo!!!

     

    Info pertunjukan: 0857-2102-2360 (Dyah)

    Info Media: 081213705577 (Yusuf)

    Email: [email protected]

    Instagram: hariteatersedunia – Facebook: Hari Teater Sedunia

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here