More
    Home UTAMA PERISTIWA Anak Muda Bandung Kampanye "Gerakan Baca 1 Minggu 1 Buku"

    Anak Muda Bandung Kampanye “Gerakan Baca 1 Minggu 1 Buku”

    Kampanye Gerakan Satu Minggu Satu Buku di CFD, Jalan Ir Juanda, Bandung, Minggu, (21/05/2017). Foto : Feru

    BANDUNG, KabarKampus – Sekitar 20 anak muda yang mengatasnamakan komunitas “Future Club” menggelar kampanye “Gerakan Baca 1 Minggu 1 Buku” di Car Free Day, Jalan Ir Juanda, Bandung, Minggu, (21/02/2017). Kampanye ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan terhadap rendahnya minat baca buku masyarakat Indonesia.

    Dalam aksinya mereka membawa sejumlah poster yang berisi ajakan untuk membaca. Selain itu mereka juga membagikan kuesioner mengenai minat baca di kalangan masyarakat yang ada di Car Free Day Bandung.

    Menurut Aldy, Korlap aksi, dari survei yang dilakukan oleh World’s Most Literate Nation pada tahun 2016, Indonesia berada pada posisi 60 dari 61 Negara yang memiliki minat baca rendah. Padahal untuk menjadi bangsa yang besar diperlukan minat baca yang tinggi.

    “Sebuah bangsa yang besar tanpa ada budaya literasi hanya akan menjadi bangsa kelas teri, bangsa pendengki, bangsa pencaci, dan mudah diprovokasi,” kata mahasiswa Psikologi UIN Bandung ini, Minggu, (21/05/2017).

    Selain itu katanya, melalui membaca buku, akan menentukan bagaimana seseorang bersikap. Karena ilmu yang dipahami berbanding lurus dnegan perbuatan seseorang.

    “Kami berharap melalui kampanye budaya baca masyarakat bisa tumbuh dan menjadikan buku sebagai sahabatnya,” tambah Aldy.

    Aksi ini berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Selama berlangsungnya aksi tak sedikit masyarakat yang mengapresiasi gerakan ini dengan berfoto bersama.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here