More

    HMI Cabang Bandung Luncurkan Aplikasi Sabang 17

    Aktivitas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) rupanya tak melulu soal kajian politik dan demonstrasi. Namun juga mengembangkan inovasi di bidang Teknologi dan Informasi.

    Salah satunya dilakukan oleh HMI Cabang Bandung. Mereka mengembangkan aplikasi mobile berbasis android yang diberinama “Sabang 17”.

    Aplikasi Sabang 17 merupakan pusat informasi yang ada di HMI Cabang Bandung. Mulai dari informasi perkaderan, kegiatan, tulisan atau opini dari anggota HMI, serta produk-produk kewirausahaan ada di sini.

    - Advertisement -

    Aidil Pananrang, Ketua Bidang Litbang HMI Cabang Bandung mengatakan, aplikasi yang mereka buat merupakan sarana penunjang pengkaderan dan kemandirian dalam lingkung HMI Cabang Bandung. Baik kader HMI maupun calon kader HMI bisa mendapatkan informasi dengan mudah di satu portal aplikasi.

    Mereka bisa mendapatkan informasi mulai dari latihan kader dan kegiatan HMI Cabang Bandung, Opini Kader HMI, dan Aspirasi. Selain itu mereka juga dapat berjualan melalui aplikasi ini.

    “Aplikasi Sabang 17 juga ada agenda jualan juga. Sehingga diharapkan bisa menciptakan kemandirian bagi kader HMI Cabang Bandung,” kata Aidil yang juga merupakan mahasiswa Telkom University ini.

    Aidil menjelaskan, semua informasi yang diberikan tersingkronisasi dalam satu kalender. Sehingga ketika orang menekan tanggal 17 Mei 2017, maka akan keluar agenda apa saja yang ada pada tanggal tersebut.

    “Biar agenda satu dengan agenda lain di HMI Cabang Bandung ngga bentrok,” tambahnya.

    Aidil mengaku, mereka membuat aplikasi ini sejak bulan Febuari 2017. Kemudian baru terealisasi dan ada di Playstore pada bulan Mei 2017.

    Adapun kata Aidil, nama aplikasi ini mereka ambil dari alamat HMI Cabang Bandung yang terletak di jalan

    Suasana peluncuran aplikasi Sabang 17 di Bandung, Minggu (21/05/2017).

    Sabang No. 17. Nama tersebut telah menjadi identitas bagi HMI Cabang Bandung.

    Selanjutnya Aidil menambahkan, siapapun boleh mendownload aplikasi ini. Tidak harus kader HMI. Mereka yang ingin tahu dan ingin menjadi kader HMI dapat juga memasang aplikasi ini di smartphonenya.

    “Saya berharap melalui aplikasi ini kader HMI miliki semangat berinovasi dan mengikuti alur perkembangan zaman. Mereka tidak hanya hanya mampu berwacana, namun juga bisa merealisasikan gagasannya secara kongkrit,” tambah ketua BEM Telkom University Tahun 2016 ini.

    Aplikasi Sabang 17 telah diluncurkan di Bandung pada hari Minggu, (21/05/2017). Aplikasi ini sudah tersedia dan dapat di unduh pada Google Playstore.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here