More

    Konser Cinta Tanah Air IPB, Sebarkan Semangat Bhineka Tunggal Ika

    IPB gelar konser Cinta Tanah Air. Dok. IPB

    BOGOR, KabarKampus – Insitut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Konser Cinta Tanah Air di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor, Jumat, (26/05/2017). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2017.

    Ungkapan cinta kepada negeri ini mengusung tema “Mengobarkan Semangat Bhineka Tunggal Ika”. Kegiatan konser merupakan rangkaian dari pelaksanaan Ikrar Mahasiswa IPB pada 20 Mei 2017 lalu.

    Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, Rektor IPB mengungkapkan, semangat nasionalisme adalah semangat masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama. Negara yang berbeda ras, agama, suku, ethis atau golongan.

    - Advertisement -

    Semangat ini, kata Rektor, tidak terlepas dari Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi norma hidup sehari-hari. Norma tersebut yaitu saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lain-lain.

    “Oleh karena itu, harapannya melalui Konser Cinta Tanah Air ini, seluruh warga IPB dapat memahami makna dan arti dari Bhinneka Tunggal Ika lebih mudah, serta meyakini bahwa keanekaragaman yang ada bukanlah merupakan perbedaan yang menimbulkan pertentangan. Namun justru makna keanekaragaman itu merupakan kesatuan yang akan memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

    Selain itu tambah Rektor, konser ini juga sebagai ruang untuk dapat menjalin kebersamaan diantara sivitas akademika IPB menuju IPB Jaya.

    Rangkaian acara konser diawali dengan menampilkan  lagu-lagu untuk mengobarkan rasa cinta tanah air dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya Pernyataan Sikap IPB tentang Menjaga Nilai-nilai Pancasila dan Semangat Bhineka Tunggal Ika.

    Pembacaan ikrar ini bacakan oleh Rektor didampingi Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, para Wakil Rektor, Sekretaris Institut, dan para Dekan. Ikrar dibacakan dihadapan peserta yang hadir diantaranya para ketua departemen, para direktur/kepala kantor/kepala biro, para dosen, dan tenaga kependidikan.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here