More

    5 Alasan Olahraga Malam Baik Buatmu

    POP SUGAR

    FOTO : POPSUGAR

    Selama bulan Ramadhan tentu jadwal olah fisik menjadi sesuatu yang sulit-sulit gampang untuk dilaksanakan. Nah, ada berita baik buat yang merasa tidak sempat melakukan olah raga pada pagi hari selama bulan puasa. Ternyata berolahraga pada malam hari juga punya banyak manfaat bagi tubuhmu.

    Mari kita simak 5 alasan di bawah ini:
    1. Kamu akan tidur lebih nyenyak
    Beberapa studi telah membuktikan bahwa orang-orang yang mengangkat beban pada malam hari memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan durasi tidur yang tentunya lebih lama dibanding orang-orang yang melakukan olah raga pada pagi atau sore hari. Tidur yang berkualitas bukan saja seuatu keharusan karena dapat memulihkan otot-ototmu, tapi tidur yang lebih dalam dan lebih lama akan memungkinkan kamu merasa lebih baik pada pagi hari. Dipastikan akan membuat kamu menjadi lebih ceria pada pagi hari.

    - Advertisement -

    2. Kamu akan memperoleh perkembangan yang lebih baik
    Selain membuatmu tidur lebih nyenyak, beberapa studi menemukan bahwa berolahraga pada waktu malam memiliki efek yang signifikan untuk perkembangan otot-otot dan meningkatkan ketahanan. Berita baik bukan? Artinya kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik jika kamu ke gym atau berolahraga pada malam hari

    3. Kamu akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah
    Penelitian di Jurnal of strength Conditioning menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga pada malam hari memiliki tekann darah yang lebih rendah sekitar 15% dibanding orang yang berolahraga pada pagi hari.

    4. Kamu akan memperoleh hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat
    Sebuah studi dari Universitas New England of Birmingham menemukan bahwa orang yang berolahraga pada malam hari dapat bertahan 20% lebih lama pada intensitas-intensitas tinggi. Hal ini tentu berarti, bahwa kalori yang dibakar pada latihan malam akan jauh lebih banyak sehingga jelas akan menghasilkan manfaat yang lebih baik, misal: lengan yang lebih padat, kaki yang lebih kuat, pinggang yang lebih ramping dan secara keseluruhan tentunya kesehatan yang lebih baik!

    5. Tubuh kamu jadi lebih prima
    Selain semua manfaat yang telah disebutkan di atas seperti tidur lebih nyenyak dan membakar lebih banyak kalori, ada sebuah penelitian lain yang menjelaskan bahwa kadar kortisol kita lebih tinggi pada pagi hari sehingga hal ini dapat menghemat pertumbuhan otot. Berbeda dengan hal itu, kadar testoteron kita berada pada tahap yang lebih tinggi pada malam hari yang akan membantu pertumbuhan otot. Jadi berolahraga pada malam hari, akan membuatmu mendapatkan tubuh idaman dengan lebih baik dan lebih cepat.
    Dengan segala kelebihan ini, tentunya tak lagi ada alasan untuk tidak berolahraga pada waktu malam. Semoga puasa lancar dan tubuh bugar! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here