More

    Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi KEMDIKBUD

    Sejak tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membagikan beasiswa unggulan bagi masyarakat berprestasi. Beasiswa unggulan dalam negeri ini berlaku tak hanya untuk mahasiswa strata 1 (S1) namun juga untuk mahasiswa S2 dan S3.

    Beasiswa degree ini ditujukan buat mereka yang memiliki medali atau penghargaan olimpiade internasional di bidang sains, penelitian ilmiah, ketrampilan seni, olah raga dan bahasa yang pernah difasilitasi oleh Kemendikbud ataupun LIPI.

    Program ini juga terbuka, bagi masyarakat umum yang memiliki prestasi tingkat nasional maupun internasional di segala bidang kecuali dosen karena disiapkan terpisah.

    - Advertisement -

    Bantuan dana yang diberikan dalam program beasiswa unggulan akan mencakup biaya kuliah, biaya buku dan juga biaya hidup. Salah satu syarat dari beasiswa ini adalah universitas yang dituju memiliki akreditas B, sedangkan jurusan bisa disesuaikan dengan minat masing-masing.

    Syarat lainnya, jika ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru sudah harus memiliki surat tanda diterima di salah satu perguruan tinggi. Seandainya telah memulai perkuliahan, diberi batas hingga maksimal semester 3 dan umur tidak melebihi 22 tahun. IPK dari mahasiswa yang telah berkuliah minimal 3.0 , sedangkan untuk PTS 3,25.

    Buat mereka yang ingin melanjutkan jenjang S2, juga disediakan beasiswa dengan syarat umur maksimal 32 tahun. Calon mahasiswa pasca sarjana baru harus telah diterima di dalam salah satu perguruan tinggi dalam negeri yang berakreditas B, serta melampirkan sertifikat toefl ITP 500 atau IBT 61 atau IELTS 5,5. Syarat IPK S1, perguruan tinggi negeri 3,25 dan pergurunan tinggi swasta 3,5. Persyaratan yang sama berlaku untuk jenjang S3 dengan batasan umur diperpanjang menjadi 37 tahun.

    Selain syarat akademis di atas, para pelamar beasiswa unggulan harus melakukan pendaftaran secara online di website yang ditentukan dan melampirkan semua persyaratan yang diminta. Para peserta juga diminta untuk menuliskan essai Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia.

    Selain beasiswa degree, beasiswa unggulan juga ditawarkan untuk non degree. Beasiswa non-degree dipersiakan untuk guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK. Selain untuk tenaga pengajar, beasiswa non degree juga ditujukan untuk seniman, penggiat budaya dan penggiat sosial kecuali dosen karena beasiswa untuk dosen disiapkan secara terpisah.

    Program beasiswa unggulan masyarakat berprestasi ini bertujuan untuk melahirkan insan cerdas yang berprestasi dan mampu berkontribusi untuk bangsa. Bagi yang tertarik ketentuan lebih lengkap bisa dilihat pada tautan ini .

    Batas pendaftaran untuk gelombang kedua masihber langsung hingga akhir Juli mendatang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here