More

    Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Resiko Kematian

    GUARDIAN

    Buat mahasiswa tentunya begadang sudah menjadi kebiasaan. Alasannya ngerjain tugas, skripsi, dan tentunya nonton bola. Nah, ini fakta penting yang wajib diketahui jika ingin mengadopsi kebiasaan begadang ini.

    Secara konsisten tidur kurang dari enam jam sehari dapat menyebabkan kematian dini. Hal ini diteliti oleh akademisi Inggris dan Italia yang menganalisa dat dari 16 studi terpisah di seluruh Eropa, Amerika Serikat dan Asiat selama 25 tahun, mencakup 1,3 juta orang dan lebih dari 100.000 kematian.

    - Advertisement -

    Ditemukan bahwa, dalam rentang waktu penyelidikan 25 tahun tersebut, mereka yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari enam jam semalam, memiliki persentase 12% lebih tinggi terserang kematian dini dibandingkan mereka yang tidur selama delapan jam. Peneliti telah memastikan hal ini secara tegas.

    Penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah tentang tidur ini dilakukan oleh Universitas Warwick dan sekolah kedokteran dari Universitas Federico II di Naples.

    Dalam penelitian tersebut juga disimpulkan bahwa mereka yang seara konsisten tidur lebih dari sembilan jam semalam juga memiliki kencenderungan untuk mengalami kematian dini. Meskipun begitu, tidur yang berlebihan belum dipandang sebagai resiko namun dijadikan indikator potensial untuk penyakit tertentu.

    “Sementara tidur yang terlalu singkat merupakan hal yang berdampak buruk bagi kesehatan, kelebihan tidur diyakini sebagai ciri-ciri memiliki penyakit, atau memiliki kesehatan yang buruk.” ucap Profesor Francesco Cappuccio yang merupakan kepala program dari Universitas Sleep, Health and Society Warwick.

    Tidur secara konsisten enam hingga delapan jam setiap malam secara konsisten adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan kesehatan kita. Durasi tidur harus dianggap sebagia faktor resiko perilaku tambahan, atau penanda resiko yang dipengaruhi oleh lingkungan dan mungkin dapat berubah melalui seminar dan pendidikan.

    Penelitian tersebut juga mencatat bahwa, kurang tidur juga berkaitan dengan penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas dan dibetes.

    Jika ingin tetap sehat, terhindar dari penyakit jantung, darah tinggi dan obesitas maka sebaiknya kita mulai belajar untuk menata waktu tidur dengan lebih baik lagi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here