More

    Penggagas UI GreenMetric Dapat Penghargaan dari Kazakhstan

    Profesor Tlektes Yesparov, Rektor Kaznau Kazakhistan menyerahkan plakat dan toga akademik Profesor Kehormatan Riri Fitri Sari. Foto : UI

    Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM, MSc, Guru Besar Teknik Komputer Universitas Indonesia (UI) memperoleh gelar Profesor Kehormatan dari Kazakh National Agrarian University (Kaznau), Almaty, Kazakhstan. Penganugerahan Gelar Kehormatan ini diberikan langsung oleh Profesor Tlektes Yesparov, Rektor Kaznau Kazakhstan  di kampus Kaznau, Almaty pada Kamis (17/06/2017).

    Penghargaan yang diberikan adalah dalam rekognisi  “Outstanding contribution to the excellence in Higher Education”. Penghargaan ini diberikan atas kiprahnya  menerapkan teknologi informasi untuk memicu kemajuan pengelolaan pendidikan tinggi di dunia.

    Salah satu upaya yang Riri Fitri Sari lakukan adalah menciptakan satu satunya sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia – UI GreenMetric yang didasarkan pada pengelolaan lingkungan hidup di kampus. Kontribusi Riri Fitri Sari pada penerapan UI GreenMetric sejak tahun 2010, telah menyedot perhatian pimpinan Perguruan Tinggi se-dunia.

    - Advertisement -

    Selain mengembangkan sistem perankingan UI GreenMetric, Riri Fitri Sari juga telah berkecimpung dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi  untuk memicu kemajuan dan pancapaian standar excellence yang lebih baik dalam pengelolaan Pendidikan Tinggi. Ia telah banyak berhubungan dengan para ‘rankologist’ (ahli pemeringkatan)  dengan tujuan memajukan universitas di Indonesia dan dunia menuju Universitas berkelas dunia, secara akademik, pembelajaran, riset, pengabdian masyarakat dan infrastruktur dan gerakan kampus hijaunya.

    “Saya bangga dan berbahagia atas gelar Guru Besar Kehormatan dari universitas nasional pertanian Kazakhstan  ini, yang mempertimbangkan hasil kerja keras untuk membangun dan mengkomunikasikan kondisi ideal kampus berkelanjutan yang diidamkam,” ungkap Riri yang pernah memegang rekor sebagai guru besar perempuan termuda di UI ini.

    Selain itu Riri juga merasa sangat terhormat menerima gelar ini, yang merupakan perwujudan kerjasama sivitas akademika UI untuk meningkatkan reputasi internasional UI.  Pencapaian ini didedikasikan pada seluruh warga UI yang berusaha mewujudkan Sustainable Campus.

    “Kerjasama internasional untuk bentuk infrastruktur kampus dan program yang lebih baik adalah tujuan dari program Kampus Berkelanjutan” tambahnya.

    Sebelumnya, Kaznau telah memberikan penghargaan Profesor Kehormatan kepada para peneliti dan akademisi terkemuka) dunia, dan beberapa Rektor universitas seperti Istanbul, Azerbaijan, Australia, Malaysia dan juga President International Ranking Expert Group (IREG) dalam beberapa tahun terakhir.

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here